fbpx

Tips Membuat Desain Interior Rumah Sendiri

Menggunakan jasa interior design Jakarta untuk membuat desain interior di rumah anda merupakan salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membuat desain rumah yang modern, menarik dan instagramable. Akan tetapi jika anda ingin mencoba membuat desain interior rumah sendiri, maka anda bisa mengikuti beberapa step di bawah ini.

Cari Inspirasi Desain

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat desain interior bagi rumah Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari inspirasi desain yang sesuai dengan gaya Anda. Membuat desain interior bukan merupakan hal yang mudah jika anda tidak mengetahui ilmunya, oleh karena itu dibandingkan mempelajari ilmu desain interior yang sangat banyak Anda bisa melihat referensi. 

Referensi desain interior saat ini sangat mudah untuk ditemukan. Anda bisa menemukan referensi desain interior ini baik di internet, di majalah maupun di media sosial. Dengan melihat referensi interior ini, maka akan lebih mudah bagi anda untuk mengetahui sedikit banyak konsep desain yang banyak digunakan oleh jasa desainer interior. 

Konsep-konsep desain yang anda temukan ini bisa anda pelajari terlebih dahulu untuk melihat ilmu apa saja yang ada di dalamnya atau bisa juga anda tiru untuk membuat desain interior di ruangan rumah anda. Selain itu Anda juga bisa menggunakan referensi-referensi desain interior tersebut untuk membangun desain interior yang baru dengan menggabungkan dua atau lebih inspirasi desain interior yang menurut Anda menarik.

Gunakan Skema Warna

Setelah anda menemukan desain interior yang ingin anda buat berdasarkan inspirasi inspirasi yang sudah disebutkan sebelumnya hal lain yang bisa dilakukan untuk membuat desain interior di rumah Anda adalah memilih warna-warna yang akan anda gunakan di ruangan tersebut. Memilih warna yang akan digunakan untuk menghiasi sebuah ruangan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena warna-warna yang akan Anda pilih nanti harus dipilih berdasarkan banyak aspek.

Aspek pertama yang diperlukan ketika akan memilih warna ruangan adalah berdasarkan keinginan anda sendiri. Setiap orang memiliki preferensi warna yang berbeda yang akan membuatnya merasa lebih nyaman. Selain memperhatikan preferensi dan keinginan penggunaan warna, hal lain yang perlu diperhatikan ketika akan memilih warna untuk melengkapi desain interior Anda adalah efek yang dibawa oleh warna tersebut. Contohnya meskipun Anda menyukai warna pink neon, sebaiknya anda tidak menggunakan warna tersebut sebagai warna dasar di ruangan anda. 

Hal ini disebabkan karena warna pink neon Ini bisa memberikan Efek pada psikologis berupa rasa excited yang pada akhirnya akan membuat anda merasa lelah. Oleh karena itu pelajarilah makna makna dari warna-warna dan pilihlah warna yang paling cocok untuk menghiasi interior ruangan anda. 

Untuk Anda yang baru pertama kali mencoba membuat desain interior untuk rumah anda pastikan anda hanya memilih paling banyak 3 skema warna untuk keseluruhan sebuah ruangan. Hal ini merupakan salah satu tips penting dari jasa design interior Jakarta yang profesional dalam membuat desain yang apik dan elegan.

Gunakan Furniture Dengan Ukuran Yang Besar

Ketika anda akan membuat desain sebuah ruangan anda tidak hanya perlu menentukan warna yang akan digunakan pada ruangan tersebut. Selain warna dasar, furniture juga harus dipilih untuk membuat konsep desain interior yang menarik. Salah satu tips yang diberikan oleh jasa desain interior yang profesional adalah dengan menggunakan furniture dengan ukuran-ukuran yang seimbang. 

Contohnya ketika anda ingin membuat sebuah desain minimalis anda akan diminta untuk menggunakan furniture yang tidak memiliki kesan yang tebal melainkan furniture yang lebih minim dari segi desain dan juga lebih clean. Akan tetapi bukan berarti Anda harus memilih desain desain furniture yang kecil dan juga kurus tapi anda juga perlu memberikan keseimbangan pada ruangan tersebut. 

Anda bisa memberikan keseimbangan ruangan dengan menggunakan beberapa furniture dengan ukuran yang besar sehingga membuat mata Anda bisa lebih nyaman dan fokus pada ruangan yang anda desain nantinya.

Gunakan Unsur Alami Di Setiap Ruangan

Tips Lain bagi Anda yang ingin membuat desain interior sendiri untuk rumah Anda adalah dengan memberikan tanaman atau unsur alami di masing-masing ruangan yang ada di rumah anda. Tanaman merupakan salah satu unsur penting dalam sebuah bangunan. Hal ini disebabkan karena keberadaan tanaman dapat memberikan efek yang lebih nyaman dan lebih hangat pada ruangan anda. 

Anda bisa memberikan tanaman tanaman berupa daun monstera atau daun dengan kesan summer lainnya jika anda memiliki kesan rumah yang minimalis. Tapi jika anda tidak menggunakan konsep desain minimalis ini, anda bisa menggunakan rangkaian bunga berwarna-warni untuk memberikan kesan yang lebih hidup di ruangan yang akan anda desain nantinya.

Selain memberikan unsur tanaman di dalam ruangan Anda, Anda juga bisa memberikan unsur-unsur alami lainnya seperti unsur kayu dan juga unsur air. Unsur air juga bisa digunakan untuk memberikan kesan yang lebih hangat di dalam ruangan anda. Contoh penggunaan air pada desain interior adalah dengan memberi area terbuka di dalam rumah dengan hiasan berupa pancuran air atau Anda juga bisa menggunakan akuarium untuk memberikan kesan yang lebih hidup di ruangan anda tersebut.

Memberikan tanaman bisa membantu anda untuk membuat desain interior menjadi lebih terkesan profesional dan juga membuat ruangan anda lebih nyaman dihuni akan tetapi tidak semua konsep desain interior yang dibuat oleh jasa design interior Jakarta cocok menggunakan tanaman. Contohnya Ketika anda menggunakan konsep desain interior industrialis, maka penggunaan tanaman sedikit banyak akan merusak konsep desain yang Anda bangun tersebut.

Gunakan Mangkok-Mangkok Dekoratif

Satu lagi tips penting yang diberikan oleh jasa interior design adalah penggunaan mangkok mangkok yang memiliki sifat dekoratif. Jasa desain interior yang profesional sangat menyukai penggunaan mangkok mangkok yang memiliki sifat dekoratif ini. Hal ini disebabkan karena mangkok mangkok tersebut akan memberikan tekstur pada keseluruhan ruangan Jika anda ingin desain ruangan anda terkesan profesional dan dikerjakan oleh tangan-tangan yang handal, maka anda juga bisa menggunakan tips ini untuk membangun desain interior untuk ruangan anda. 

Pemilihan dari mangkok-mangkok dekoratif ini juga harus disesuaikan dengan konsep desain yang akan Anda gunakan nantinya. Jika Anda ingin menggunakan konsep desain yang lebih minimalis, maka sebaiknya penggunaan mangkok ini tidak dilakukan. Hal ini disebabkan karena konsep desain minimalis adalah sebuah konsep desain yang mengutamakan fungsi. Jadi pada konsep desain ini hiasan dan dekorasi bisa didapatkan dari furniture furniture yang digunakan dalam sebuah ruangan bukan menambah detail yang tidak memiliki fungsi pada ruangan tersebut.

Nah demikian ulasan yang bisa kami berikan mengenai cara membuat perencanaan dan konsep desain interior untuk rumah Anda sendiri. Jika anda ingin membuat konsep desain interior Anda benar-benar matang, maka akan lebih baik bagi anda untuk berkonsultasi dan menggunakan jasa interior design Jakarta barat untuk mengerjakan desain interior di rumah anda.

No Comments
Leave a Reply