fbpx

Tips Desain Interior untuk Rumah di Negara Tropis

Interior design Jakarta yang baik pastinya mengetahui aspek-aspek desain yang terbaik untuk diberikan pada rumah anda. Rumah-rumah di daerah tropis yang harusnya memiliki arsitektur yang berbeda dengan rumah-rumah di daerah iklim lainnya. Arsitektur yang dimiliki oleh sebuah rumah akan menentukan kenyamanan huni dari rumah tersebut. Bagi Anda yang ingin membuat rumah dengan desain yang apik tapi tetap nyaman di negara tropis seperti Indonesia,, maka anda bisa menggunakan beberapa tips berikut. 

Konsep Desain Yang Cocok Untuk Rumah Di Negara Beriklim Tropis

Ketika membuat sebuah desain interior, sebuah jasa yang profesional akan menentukan penggunaan warna, tekstur dan aspek desain lainnya yang sesuai dengan tema bangunannya. Ketika Anda tinggal di negara yang memiliki iklim tropis, sudah pasti bangunan rumah Anda harus memiliki arsitektur dengan desain yang sesuai dengan hawa yang panas dan kelembaban udara yang tinggi bukan? Oleh karena itu, konsep bangunan yang paling cocok digunakan untuk rumah dengan iklim tropis adalah arsitektur rumah-rumah musim panas. 

Artinya, di dalam rumah anda nantinya, anda akan membutuhkan banyak ruang terbuka dan juga penggunaan kaca yang membuat cahaya masuk ke dalam rumah anda. Untuk menyesuaikan konsep bangunan ini, maka anda juga perlu menata dan mengatur bagian interior rumah anda dengan menggunakan warna-warna yang cerah, bold dan juga menggunakan kombinasi warna yang cantik dan juga sesuai dengan pola-pola natural. Lalu bagaimana cara untuk mendesain rumah seperti ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

Gunakan Bahan Alam

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk membantu Anda membuat interior desain untuk rumah di area tropis adalah penggunaan bahan yang berhubungan dengan sesuatu yang natural. Ketika Anda tinggal di sebuah daerah yang beriklim tropis, maka salah satu masalah yang sering dihadapi adalah mengenai kelembaban udara yang dimilikinya. Kondisi kelembaban udara yang tinggi inilah yang menyebabkan kondisi ruangan menjadi kurang nyaman. 

Untuk mengatasi. Hal ini maka penggunaan tanaman-tanaman atau unsur-unsur dari bahan alami merupakan salah satu hal yang penting. Unsur-unsur dari bahan alami ini akan membantu anda untuk membuat sebuah rumah tropis yang lebih segar dan lebih nyaman untuk dihuni. Bahan alami bisa digunakan pada bagian furniture seperti meja lemari dan juga pada aspek-aspek lainnya. Bahan ini juga biasanya digunakan oleh jasa design interior Jakarta yang profesional untuk mendesain sebuah rumah. 

Anda juga bisa menggunakan unsur-unsur alami baik di dinding, langit-langit atau bahkan lantai rumah anda. Unsur-unsur alami yang bisa digunakan tersebut bukan hanya unsur kayu atau daun-daunan tapi juga unsur berupa batuan. Unsur alami berupa batuan merupakan salah satu jenis unsur desain interior yang cukup menarik karena selain memiliki nilai artistik yang tinggi, jenis unsur alami ini juga dapat membantu membuat rumah Anda lebih dingin dan nyaman untuk dihuni.

Gunakan Furnitur Dengan Warna Terang

Tips lain yang bisa anda gunakan adalah memilih warna-warna dari furniture yang akan anda gunakan di dalam rumah Anda. Warna akan menentukan bagaimana tampilan dari ruangan di rumah Anda. Jika anda memiliki rumah di area yang tropis, maka sebaiknya Anda pilih furniture yang memiliki warna yang terang. Furniture dengan warna yang terang akan membuat rumah Anda terasa lebih lega. 

Selain itu furnitur yang memiliki warna terang lebih banyak juga digunakan oleh design interior Jakarta mengingat rumah dengan konsep tropis biasanya menggunakan banyak jendela dan memasukkan banyak sinar matahari ke dalam ruangan. Dengan menggunakan furnitur dengan warna yang terang,. Hal ini akan meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah tersebut yaitu berupa pudarnya warna furniture yang ada di rumah anda.

Usahakan Untuk Menggunakan Kombinasi Warna Natural Yang Hangat

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika anda ingin membuat desain interior dari rumah yang berada di area tropis adalah jenis warna yang akan anda gunakan. Pada dasarnya warna dibagi menjadi dua kelompok yaitu warna yang memiliki tone dingin dan juga warna yang memiliki tone hangat. Ketika anda akan membuat sebuah rumah di area yang panas seperti di Indonesia akan lebih baik bagi anda untuk menggunakan warna-warna yang memiliki tone yang hangat. Hal ini akan memberikan rasa nyaman bagi anda ketika menghuni rumah Anda tersebut. 

Warna-warna yang berhubungan dengan alam seperti warna coklat, krem, putih gading dan warna-warna lainnya merupakan warna-warna yang termasuk dalam tone yang hangat. Oleh karena itu penggunaan warna-warna ini akan cocok dengan tips yang pertama yaitu menggunakan bahan-bahan yang diambil dari alam.

Gunakan Warna-Warna Yang Terang Untuk Area Yang Luas

Ketika anda akan membuat dekorasi untuk sebuah ruangan terutama untuk ruangan di dalam rumah yang ada di daerah tropis, maka sebaiknya pilih warna-warna yang terang sebagai warna dasar untuk ruangan tersebut. Warna dasar yang lebih terang memiliki banyak kelebihan jika digunakan pada rumah-rumah yang ada di daerah tropis.

1. Membawa Suasana Yang Lebih Bersih Dan Nyaman

Kelebihan pertama warna terang adalah membawa suasana yang lebih bersih. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daerah yang berada di iklim tropis memiliki kelembaban yang tinggi. Hal ini menyebabkan orang-orang yang berada di daerah tropis seringkali merasa lebih mudah kepanasan dan merasa risih. 

Jika Anda menggunakan warna-warna gelap sebagai warna dasar dari ruangan anda seperti pada dinding, maka anda akan mudah merasa sumpek ketika berada di ruangan tersebut. Beda halnya jika Anda menggunakan warna-warna terang, warna-warna ini akan memberikan kesegaran lebih pada pandangan Anda sehingga ruangan tersebut menjadi lebih nyaman.

2. Minim Serangga

Selain udara yang lebih lembab hal lainnya yang sering terjadi di daerah daerah yang beriklim tropis adalah banyaknya serangga yang hidup di dalam rumah. Salah satu jenis serangga yang paling banyak hidup di dalam rumah adalah nyamuk. Nyamuk merupakan serangga yang sangat menyukai tempat-tempat yang gelap, oleh karena itu jika Anda menggunakan warna gelap sebagai warna dasar dari desain interior anda, maka serangga serangga seperti nyamuk tersebut akan lebih nyaman untuk tinggal di rumah anda.

3. Sulit Membuat Ruangan Menjadi Lebih Terang

Sifat dari warna terang dan warna gelap memang berkebalikan. Warna terang merupakan warna yang akan memantulkan cahaya sedangkan warna gelap adalah warna yang akan menyerap cahaya. Hal inilah yang menjadikan warna terang sebagai warna yang paling cocok untuk rumah di area tropis. Area tropis merupakan sebuah area yang memiliki sinar matahari dalam jumlah yang banyak. Hal inilah yang menyebabkan rumah-rumah tropis dibuat dengan dinding kaca sehingga penggunaan energi di rumah tersebut menjadi lebih minim. Jika Anda menggunakan warna dasar gelap untuk rumah Anda, maka pemanfaatan energi ini tidak akan maksimal. Hal inilah yang menyebabkan jasa interior design Jakarta barat lebih merekomendasikan warna terang untuk warna dasar di desain interior rumah anda.

No Comments
Leave a Reply