fbpx

Tips Desain Interior Kamar Tidur Unik Dan Menarik

Bagaimana sih cara design interior kamar tidur agar terasa nyaman? Pada dasarnya penggunaan kamar tidur tidak hanya ditujukan sebagai tempat untuk beristirahat saja. Pasalnya kamar tidur sendiri memiliki fungsi yang cukup beragam, dimulai dari tempat untuk membaca dan bersantai, tempat untuk menonton televisi, tempat untuk menenangkan diri hingga digunakan sebagai tempat yang dapat memamerkan kepribadian diri. Merujuk pada hal tersebut tidak heran jika kenyamanan menjadi poin penting dari tempat tidur itu tadi.

Ada beberapa hal yang dapat kamu perhatikan untuk mendapatkan kenyamanan dari tempat tidur dengan lebih sempurna. Tentu saja hal tersebut berkaitan dengan pengaturan desain interior. Karena dengan bedroom interior design yang tepat, maka kenyamanan pun bisa kamu dapatkan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menunjang kenyamanan dari tempat tidur, di antaranya :

1. Menentukan Tema Sesuai Dengan Kepribadian

Tema yang Anda pilih pada desain interior kamar dapat menjadi penentu bagaimana kepribadian yang Anda miliki. Karena itulah ketika mendesain pastikan untuk memilih design interior kamar tidur utama yang sesuai dengan kepribadian Anda. Berikut ini ada beberapa tema desain yang dapat Anda pilih dan gunakan, di antaranya :

●  Minimalis Scandinavian

Jika Anda ingin membuat kamar minimalis dengan konsep scandinavian, maka tidak ada salahnya untuk memilih tema yang satu ini. Ada banyak elemen yang ditampilkan oleh desain kamar yang satu ini, dimulai dari penggunaan kaca jendela yang besar kemudian dinding serta langit-langit dicat dengan warna putih, penggunaan tirai serta selimut juga pastikan untuk berwarna putih. Sementara untuk bantal serta permadani Anda dapat menggunakan tone netral. Sedangkan bagian lantai dapat Anda gunakan bahan kayu.

●  Inspirasi Retro

Untuk tema kamar yang satu ini tentunya tidak lepas dari gaya masa lampau. Seperti era 40 hingga 70-an. Selain itu, gaya ini juga berkaitan dengan genre musik  rock n roll, punk rock, disco, hiphop serta budaya hippies.

●  Keceriaan Eklektik

Untuk kamu yang menyukai gaya eklektik, kamu dapat menggabungkan unsur historis dengan gaya baru. Selain itu, kamu juga dapat menggabungkan desain antara pola geometris dengan pemilihan warna yang cerah. Selain menjadikan tampilan desain kamar yang dinamis, gaya ini juga dapat memberikan kesan yang lebih ceria.

●  Tradisional Rustic

Selain beberapa tema di atas, kamu juga dapat memilih gaya rustic yaitu tema dengan nuansa pedesaan. Karena itulah tema ini umumnya didukung dengan penggunaan interior desain berbahan dasar kayu. Baik pada penggunaan perabot, lantai, lampu hingga struktur ruangan.

●  Midcentury

Midcentury masuk ke dalam tema yang menggunakan gaya tahun 1950-an. Karena itulah jika dibandingkan dengan scandinavian, maka tema yang satu ini lebih mengadah pada konsep vintage.

●  Pesona Asia

Jika dibandingkan dengan beberapa tema di bagian atas tadi, dapat dikatakan bahwa tema yang satu ini adalah tema yang paling populer. Tema ini tidak hanya dipengaruhi oleh pengaruh gaya Jepang serta Cina saja tetapi juga oleh gaya India dan bahkan Timur Tengah.

2. Pemilihan Warna Yang Dinamis

Tips selanjutnya yang patut untuk Anda perhatikan adalah pemilihan warna. Pemilihan warna yang tepat dapat menghasilkan nuansa kamar yang berbeda pula. Seperti halnya pilihan warna berikut :

●  Warna Netral

Warna netral dikenal dengan pengaruhnya yang dapat memberikan kesan lapang. Beberapa pilihan warna netral yang sering digunakan di antaranya adalah krem, coklat muda, hingga putih.

●  Warna Hangat

Sesuai dengan namanya warna hangat tentunya akan memberikan pengaruh seperti sinar matahari yang terasa panas dan tetap menyinari. Pilihan warna ini terdiri dari orange, kuning, emas, merah, coklat hingga warna tanah.

●  Warna Sejuk

Selain memberikan kesan teduh, warna sejuk juga dikenal lebih menenangkan. Beberapa pilihan dari warna sejuk di antaranya adalah warna hijau, biru serta ungu muda.

●  Aksen Gelap

Untuk penggunaan aksen gelap, Anda tidak selalu harus mengecat seluruh bagian dinding kamar dengan warna gelap. Dalam hal ini pilih salah satu bagian dinding saja, untuk menimbulkan efek dramatis.

3. Sentuhan Unik Di Bagian Langit-Langit

Untuk bagian langit-langit yang unik, kamu dapat menggunakan panel kayu di bagian atasnya. Hal ini sangat membantu untuk desain kamar tidur yang sempit agar terasa lebih lapang. Tidak hanya itu, jika kamu ingin mendapatkan kenyamanan saat beristirahat, kamu juga dapat menggunakan desain atap joglo yang dilengkapi lapisan panel kayu.

Namun jika kamu ingin mendapatkan desain langit-langit yang lebih modern, maka pastikan untuk menciptakan pola unik tersendiri yang disesuaikan dengan tema dari desain interior kamar yang kamu inginkan.

4. Perhatikan Fixture Pencahayaan

Kamar yang hadir dengan sumber cahaya yang banyak tentunya akan mendapatkan kesan yang lebih hangat dibandingkan dengan kamar yang hanya memiliki satu sumber pencahayaan saja. Karena itulah jika kamarmu hanya memiliki satu sumber pencahayaan, maka pastikan untuk memberikan tambahan lainnya. Dalam hal ini, kamu dapat memulai eksperimen dengan memilih jenis lampu tertentu. Seperti halnya memilih lampu meja, lampu artifisial, lampu lantai, lampu gantung dan lainnya.

5. Penggunaan Dinding Kaca

Banyak orang yang berpendapat bahwa kamar tidur yang didesain dengan penggunaan dinding kaca sangat sulit dilakukan. Namun faktanya tidaklah demikian, karena ada banyak pula kamar tidur yang justru dikelilingi oleh dinding kaca. Apalagi jika posisi kamar tidur berada di lingkungan dengan pemandangan indah. Seperti halnya kamar tidur di kawasan vila, pedesaan, pantai dan lainnya. Dengan menggunakan dinding kaca, selain memberikan kesan yang lebih lapang. Para penghuni di dalamnya pun dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya dengan lebih mudah.

6. Solusi Smart Storage

Selain beberapa tips di bagian atas tadi, pastikan pula untuk memperhatikan tempat penyimpanan. Dalam hal ini, kamar tidur yang nyaman tentunya akan dilengkapi dengan tempat penyimpanan yang baik pula. Dengan demikian, tata letak dari beragam hal yang ada di dalamnya pun akan tetap terjaga dengan rapi dan membuat para penghuninya tetap merasa nyaman. Karena itulah pastikan untuk memperhatikan smart storage dari kamar tidur yang kamu miliki.

7. Penambahan Aksen Unik

Untuk menjadikan kamar tidur yang Anda miliki tampil dengan lebih baik, maka pastikan untuk memberikan beberapa tambahan aksen unik ke dalamnya. Seperti halnya penggunaan permadani yang ditempatkan di sebelah tempat tidur. Kemudian kamu juga dapat menambahkan kursi baca yang dilengkapi dengan sandaran nyaman serta lampu baca yang cukup memadai.

Sementara itu, untuk memberikan kesan yang lebih ceria, kamu juga dapat menambahkan bantal dengan bentuk serta warna yang cukup beragam. Sedangkan pada beberapa bagian dinding atau bahkan lemari, kamu dapat menerapkan cermin. Selain menjadikan tampilan kamar terasa lebih luas, penggunaan cermin juga dapat memberikan kesan unik serta pencahayaan yang lebih memadai atau lebih terang dari sebelumnya.

8. Penggunaan Pola Yang Sama Secara Berulang

Tips lainnya yang tidak kalah penting dapat kamu ikuti dengan mudah adalah menerapkan pola yang sama pada beberapa bagian desain interior kamar. Seperti halnya penggunaan pola chevron yang ditempatkan pada wallpaper dinding dan digunakan pula pada karpet lantai kamar dan lainnya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait tips bedroom design interior yang dapat penulis jelaskan kali ini.

No Comments
Leave a Reply