fbpx

Jenis Ukuran Pintu Untuk Rumah Dan Ruangan

Rumah atau ruangan, semua ada basis patokan normalnya. Jika ingin tahu jenis ukuran pintu rumah yang umum digunakan, berikut adalah penjelasannya!

Ukuran Pintu Utama Model Satu Daun

Ukuran standar pintu rumah utama satu daun umumnya memiliki panjang 210 cm dan lebar 80 cm. Standar ini memudahkan Anda mencari pintu di toko – toko bangunan. Daun pintu yang satu daun membuatnya lebih fleksibel menempati bagian dinding rumah mana saja.

Basis pintu satu daun ini nantinya menjadi referensi untuk patokan pintu – pintu lainnya dalam rumah. Jika Anda ingin membuat pintu ukuran custom, pastikan menggunakan basis pintu utama juga. Perbedaan pintu utama dengan pintu lain umumnya hanya 10 sampai 30 cm ukuran pintu ruangan lain.

Ukuran Pintu Utama Model Dua Daun

Untuk ukuran pintu 2 daun, hal ini jangan disamakan dengan model pintu satu daun. Umumnya, dua pintu tidak perlu sebesar model satu daun per pintunya. Ukuran standar yang sering digunakan panjang 210 cm dan lebar antara 70 sampai 90 cm tergantung penyesuaian.

Perbedaan dari segi lebar umumnya dipengaruhi jenis rumah. Untuk rumah mewah dan vila, besaran pintu depan jauh lebih besar. Jadi mendekati lebar 90 cm. Untuk rumah – rumah standar, penggunaan dua pintu mendekati yang ukuran 70 cm karena tidak butuh terlalu lebar dengan dua pintu.

Ukuran Pintu Model Geser

Model pintu sliding unik dan lebih sering ditemukan pada pintu belakang rumah ataupun pintu partisi pemisah ruangan. Ukuran pintu rumah sama dengan pintu utama yaitu 210 cm x 80 cm. Perbedaanya, pintu ini tidak memakan banyak ruang karena modelnya bisa menempel di dinding dan tidak perlu ruang mengayun terbuka.

Ukuran Pintu Untuk Kamar Tidur

Untuk ukuran pintu kamar standar, besarnya lebih kecil dibanding daun pintu utama. Namun, perbedaan ini tidak terlalu besar. Pintu kamar berukuran 200 cm x 80 cm. Walaupun lebih pendek, pintu kamar memiliki kusen yang lebih tebal jadi memberi ilusi tampilan tetap besar.

Ukuran Pintu Untuk Kamar Mandi

Untuk ukuran pintu kamar mandi, hal ini akan tergantung jenis kamar mandi yang digunakan. Kamar mandi utama yang terpisah dari kamar tidur biasanya memiliki ukuran lebih besar dari yang di dalam kamar. Besaran tersebut adalah 180 cm x 70 cm.

Sedangkan kamar mandi yang berada di dalam kamar tidur, memiliki ukuran lebih kecil. Lebar pintu kamar mandi adalah sekitar 180 cm x 60 cm. Pintu lebih kecil ini ditujukan untuk membedakan pintu keluar kamar dan pintu yang menuju ke kamar mandi pada umumnya.

Sekarang Anda tahu jenis ukuran pintu standar yang banyak digunakan. Tentu variasi dapat ditemukan untuk desain rumah unik. Namun, kebanyakan mengikuti standar ukuran di atas. Semoga info ukuran pintu rumah ini berguna bagi Anda sekalian!