fbpx

Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Bahan PVC

Kita sering mendengar tentang PVC yang merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk perabotan sehari – hari. Bahan PVC juga terbilang sangat mudah ditemukan dimanapun, tidak hanya pada pipa air. 

Pemanfaatan bahan PVC untuk perabotan sehari – hari terbilang cukup beragam. Mulai dari bahan perabotan seperti pembungkus kabel, karpet vinyl, botol minum, mainan anak – anak, bahkan sampai menjadi salah satu material dalam pembuatan plafon PVC yang anti bocor dan anti rayap. Lalu, sebenarnya apa itu PVC dan material apa saja PVC tersebut? Berikut beberapa penjelasan mengenai bahan PVC, kelebihan serta kekurangan dari material PVC.

Mengenal Bahan PVC

PVC ( Polivinil Klorida ) adalah termoplastik yang serbaguna dan bisa diaplikasikan dalam pembuatan produksi konstruksi bangunan. PVC material dimanfaatkan hampir untuk seluruh produksi seperti jendela, pintu, pipa, kabel dan lain sebagainya.

Kelebihan Bahan PVC

Ada banyak kelebihan yang didapatkan dengan menggunakan bahan PVC antara lain :

1. Harga Terjangkau

Selain produk yang sangat mudah ditemukan, ternyata harga bahan PVC ini juga cenderung murah namun kualitasnya tetap terjamin. Bagi kamu yang ingin membeli produk khususnya konstruksi bangunan yang awet dan anti rayap, bahan PVC menjadi salah satu referensinya.

2. Durabilitas yang Tinggi

Bahan PVC memiliki ketahanan terhadap suhu yang panas dengan sangat baik. Selain itu, bahan PVC juga tahan terhadap bahan kimia, ringan dan juga tahan terhadap api. Bagi kita yang tinggal di daerah beriklim tropis, menggunakan material berbahan dasar PVC memang sangatlah menguntungkan.

Harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki PVC dibanding dengan bahan yang lainnya.

3. Tingkat Keelastisitasan Baik

PVC merupakan salah satu bahan yang mudah untuk dibentuk dan cukup fleksibel. Dengan tingkat durabilitas yang tinggi sehingga PVC bisa dengan mudah dibentuk menjadi plafon maupun konstruksi bangunan yang lain.

Kekurangan PVC

Hampir setiap bahan apapun itu pasti memiliki kekurangan. Berikut beberapa penjelasan kekurangan bahan PVC yang dapat kamu pertimbangkan :

1. Tidak Ramah Lingkungan

Bagi kamu yang ingin memiliki hunian maupun segala jenis perabotan yang ramah lingkungan, memilih bahan PVC mungkin butuh pertimbangan. Pasalnya, bahan PVC tergolong salah satu material yang sangat sulit untuk di daur ulang. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menggunakan bahan PVC dirasa perlu untuk mempertimbangkan hal ini sebelum membelinya.

2. Penanganan Khusus

Dalam hal konstruksi bangunan, untuk mendapatkan hasil yang rapi dalam pemasangannya memerlukan penanganan yang khusus oleh tenaga ahli. Karena jika sembarangan justru bisa membahayakan.

Oleh karena itu, dengan menggunakan tenaga ahli pasti hasil akan rapi dan juga kokoh, namun disisi lain juga akan memerlukan budget yang tidak sedikit.