fbpx

4 Model Pager Rumah Sederhana Tapi Cantik

Pagar rumah merupakan salah satu elemen penting pada sebuah hunian yang tak hanya berfungsi untuk meningkatkan keamanan semata, namun dapat menaikkan nilai estetika rumah anda. Sehingga tak ada salahnya jika pemilik rumah begitu selektif memilih desain pagar rumah mereka.

Umumnya, pagar biasa terbuat dari bahan kayu atau besi dengan penambahan aksen. Mari intip empat model pagar sederhana namun elegan berikut!

Ide Model Pagar Rumah Masa Kini

1. Konsep simetris

Tengah populer dipilih sebagai pagar rumah sederhana, konsep simetris ini mengkombinasikan antara batu bata pada sisi temboknya, kayu, serta besi yang tersusun simetris.

Konsep minimalis simetris ini juga memberikan kesan hunian tampak rapi, estetis, dan elegan. Anda dapat menambahkan kolam mini di kedua sisi pagar dengan jalan masuk membuat rumah layaknya sebuah mansion.

2. Kayu simpel

Material kayu memang tak pernah lekang waktu dijadikan sebagai desain pagar simpel, manis, dan cocok untuk berbagai desain rumah.

Umumnya susunan kayu akan diatur secara horizontal dengan celah kecil yang mampu memblokir penglihatan dari area terluar rumah. 

Untuk menambah kesan manis nan homey, pagar kayu kerap dipadukan dengan tanaman hijau yang asri.

3. Bold

Mencari pagar yang punya tampilan bold hingga buat tetangga melirik? Model pagar bold bisa jadi pilihan tepat untuk anda. Tanpa penambahan aksen, pagar yang hanya didominasi cat warna hitam saja sudah menarik.

Dari segi keamanan, pagar ini terbilang tebal, rapat, dan sulit untuk dipanjat. Sementara itu pintu pagarnya terdapat dua bagian, untuk penghuni dan kendaraan.

Karena berbahan besi, anda perlu mengkombinasikannya dengan material sesuai konsep dan mempertimbangkan dari segi cuaca.

4. Pagar rendah

Anda tinggal di kompleks perumahan dengan tingkat keamanan tinggi? Penggunaan pagar rumah yang rendah dapat dipertimbangkan. 

Baik bermaterialkan besi secara menyeluruh atau dipadukan kayu, pagar seperti ini sudah memberikan tampilan menawan pada hunian minimalis anda. Tanpa perlu aksen dan polish, pagar model ini justru dibiarkan tampil dengan motif aslinya.

Pertimbangan Sebelum Pilih Pagar Rumah

Memilih pagar untuk rumah jangan hanya karena estetika saja, namun ada beberapa pertimbangan yang perlu anda pikirkan juga. Berikut di antaranya :

1. Kondisi cuaca

Meski pagar rumah sederhana tapi cantik, wajar jika mudah berkarat terlebih ketika cuaca di daerah anda sering terpapar air hujan dan sinar matahari. Maka dari itu, pilihlah material yang tahan segala cuaca dan anti-rayap.

2. Keamanan lingkungan

Fungsi utama pagar adalah meningkatkan keamanan. Pastikan sebelumnya bahwa lingkungan rumah anda aman dari kejahatan, apalagi jika ingin menggunakan pagar rendah.

Itu dia keempat rekomendasi pagar rumah yang estetis juga punya keamanan tinggi. Semoga bermanfaat.