fbpx

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Untuk Rumah

Memenuhi kebutuhan konstruksi rumah menjadi hal yang sangat penting ketika ingin melakukan pembangunan. Salah satu kebutuhan konstruksi yang tidak kalah penting yaitu keramik lantai. Keramik mengambil peran sangat penting karena digunakan sebagai alas atau dasar. 

Agar tidak terjadi kekurangan dan pembelian yang berlebihan, dibutuhkan perhitungan yang benar dan pas. Bagi kaum awam, menghitung keramik agar pas dan sesuai memang sangat sulit. Tidak jarang yang meminta bantuan ahli untuk membantu perhitungan. 

cara menghitung kebutuhan keramik tentu berbeda-beda sesuai dengan ukuran keramik yang akan dibeli. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu ukuran keramik yang akan digunakan. Setelah itu barulah mengukur ruangan yang akan diberi keramik setipe. Lakukan hal yang sama untuk tipe yang berbeda.

Bagi anda yang masih bingung dan ragu dengan cara perhitungan yang sebelumnya pernah anda lakukan maka perhatikan ulasan berikut ini agar lebih paham mengenai cara menghitung keramik dengan benar dan tepat.

Pertama, Hitunglah Luas Keramik Dalam Satu Dus 

Sebelum melakukan perhitungan luas ruangan, anda harus memperhatikan ukuran keramik yang akan digunakan. Setelah itu, hitung luas keramik yang ada dalam kotak kardus. Jika luas sudah diketahui, maka hitung jumlah keramik yang ada dalam satu kardus. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan dan kelebihan pembelian. Pasalnya, ukuran keramik tidak sama setiap jenisnya, misalnya keramik granit yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan keramik biasa.  

Menghitung luas keramik yang benar dan sesuai dengan luas ruangan yaitu dengan mengkonversikan satuan yang digunakan dari centimeter menjadi meter, kemudian dibagi dengan 100. Setelah itu, dikalikan dengan jumlah keramik yang ada dalam kardus, entah 11 atau 25 keping. 

Kedua, Hitung Luas Ruangan 

Setelah melakukan perhitungan luas keramik dan jumlahnya per kardus maka selanjutnya yaitu hitunglah luas ruangan yang akan ditutup dengan keramik. Sebelum menghitung luas, tentukan terlebih dahulu berapa panjang dan lebar ruangan. 

Misalnya saja, luas ruangan berukuran panjang 8 meter dan lebar 8 meter. Gunakan rumus panjang kali lebar untuk mengetahui ukuran ruangan. Dengan panjang dan luas 8 meter maka luas yang didapatkan yaitu 64 meter persegi. 

Ketiga, Hitung Jumlah Keramik Untuk Ruangan 

Setelah mengetahui luas keramik satu dus dan luas ruangan yang akan dilapisi dengan keramik maka selanjutnya yaitu menghitung jumlah keramik untuk ruangan. Caranya cukup mudah, anda bisa melakukannya sendiri. 

Jumlah keramik yang dibutuhkan sama dengan luas bidang lantai dibagi dengan luas kepingan keramik. Misalnya saja, jika luas ruangan dengan panjang dan lebar 8 meter adalah 64 meter persegi dan luas keramik satu keping adalah 4 meter, maka 16 keping keramik. 

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara menghitung kebutuhan keramik untuk ruangan. Jika anda ingin melakukan renovasi dan membutuhkan keramik kamar mandi, perhitungan yang dilakukan sama dengan yang dijelaskan diatas.