fbpx

Kelebihan Dan Kekurangan Bata Ringan Atau Hebel

Apa kamu pernah mendengar tentang hebel? Hebel adalah material bangunan yang populer karena semakin banyak digunakan dalam pembangunan rumah tinggal. Hebel biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk membuat tembok atau dinding rumah. Di artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang bata ringan ini.

Apa Itu Hebel?

Hebel merupakan bata ringan yang terbuat dari silika, batu, semen, gypsum, aluminium bubuk, kapur, dan air. Bahan-bahan ini dicampur kemudian dipanaskan, dan diberi tekanan tinggi dengan menggunakan autoclave. Sehingga, hebel kedap suara atau soundproof, serta tahan terhadap jamur dan api.

Hebel berukuran lebih besar, terutama jika dibandingkan dengan bata merah. Karena ukurannya yang besar ini, pengerjaan konstruksi menjadi lebih cepat. Ditambah dengan pemasangannya yang mudah, hebel dengan cepat menjadi populer. Material bangunan ini cocok untuk eksterior maupun interior.

Hebel dapat diberikan warna dengan campuran stucco atau papan plastik. Terdapat 5 ukuran hebel yang berbeda, namun yang paling sering digunakan adalah yang berukuran 60cm x 20cm x 7,5cm, dan 60cm x 20cm x 10cm. Ukuran hebel 1 kubik dengan tebal 7,5cm berisi 111.11 buah. Sehingga, satu kubik ukuran hebel dengan ketebalan tersebut bisa dibuat menjadi dinding seluas 13,332 meter persegi.

Kelebihan Hebel

Berikut adalah kelebihan dalam menggunakan hebel sebagai material pembuatan dinding bangunan.

1. Bobot Ringan

Seperti namanya, bata ringan atau hebel memiliki bobot yang ringan. Hal ini karena adanya banyak rongga yang terikat di dalam hebel. Karena bobotnya yang ringan, tentunya beban struktur juga menjadi lebih kecil. Walaupun bobotnya ringan, hebel memiliki ketahanan sekuat beton, karena bahan pembuatannya terbuat dari campuran beton.

Bahkan, hebel sudah memenuhi standar untuk bahan bangunan anti gempa. Karena inilah, hebel banyak digunakan untuk pembangunan gedung-gedung tinggi seperti pusat perbelanjaan dan gedung bertingkat.

2. Kedap Suara Dan Air

Hebel merupakan bata yang solid dan padat, membuatnya kedap terhadap suara. Menggunakan hebel dapat menghalau suara bising untuk masuk ke dalam ruangan. Selain kedap suara, hebel juga kedap air, sehingga dinding yang terbuat dari hebel tidak akan terkena rembesan air. Selain itu, hebel mampu menyerap panas dari luar ruangan, membuatnya menjadi insulator suhu yang baik.

Kekurangan Hebel

Selain kelebihan, hebel juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan. Berikut beberapa kekurangannya.

1. Harga Lebih Mahal

Harga hebel cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan bata jenis lainnya. Hal ini karena hebel dibuat dengan menggunakan teknologi canggih. Namun, biaya pemasangannya lebih hemat karena pengerjaannya lebih cepat.

1. Bisa Menyisakan Banyak Bahan

Kamu mungkin memerlukan hebel dengan beberapa ukuran yang berbeda. Dan hal ini bisa menyisakan banyak bahan. Karena itu, penting untuk mengukur area secara matang serta mempekerjakan kontraktor yang berpengalaman dengan bata ringan hebel.