fbpx

Ketahui Detail Tangga Sebelum Merancang Tangga

Tangga adalah salah satu komponen penting dalam rumah bertingkat. Tak mengherankan bila detail tangga menjadi hal krusial yang harus dipikirkan secara matang-matang. Sebagian orang mungkin menganggapnya sepele. Padahal, desain tangga dalam sebuah hunian dapat mempengaruhi kenyamanan serta estetika dari hunian itu sendiri.

Sebab itu, Anda perlu mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan desain tangga untuk mewujudkan rumah impian yang nyaman. Yuk, simak ulasan selengkapnya dalam artikel kali ini!

Standar Ukuran Detail Tangga Pada Hunian

Ukuran menjadi hal utama yang harus perlu diperhatikan saat merancang desain tangga dalam hunian bertingkat. Agar tidak keliru dalam menentukan ukuran tangga, simak detailnya berikut ini.

1. Kemiringan Tangga

Umumnya, kemiringan tangga pada sebuah hunian adalah 42 derajat. Namun, kemiringan tangga bisa saja melebihi 42 derajat pada situasi tertentu. Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan, tangga yang kemiringannya lebih dari 42 derajat harus menggunakan komponen going atau tapak minimal berukuran 280 mm. Sementara untuk ukuran headroom atau batas menuju tangga yang ada di atas kepala minimum adalah 2 meter.

2. Lebar Tangga

Bicara soal lebar tangga pada sebuah hunian, standarnya adalah minimum 90 cm. Kendati demikian, kenyamanan dan keamanan tetap harus diutamakan dalam membuat detail tangga hunian. Oleh karenanya, ukuran lebar tangga yang umum digunakan adalah 120 cm.

3. Lebar Tread Dan Ketinggian Rise

Untuk mendapatkan desain tangga yang nyaman, ketinggian rise dan lebar tread harus dipikirkan baik-baik. Minimal ketinggian rise pada tangga hunian adalah 15 cm dan maksimalnya adalah 22 cm. Sementara untuk detail tread-nya, minimal harus memiliki lebar 22 cm dan lebar maksimal adalah 30 cm agar terasa nyaman saat digunakan untuk berpijak.

4. Jumlah Anak Tangga

Selain ukuran tangga rumah dari segi lebar dan kemiringannya, Anda juga harus mempertimbangkan jumlah anak tangga. Jika terdapat lebih dari 36 anak tangga dalam satu jalur, maka harus ada minimum satu nosing atau bordes agar tangga dalam hunian tetap nyaman digunakan. Bordes tangga yang digunakan minimum berbentuk persegi dengan lebar sesuai dengan lebar dari tangga tersebut.

5. Handrails 

Kompenen berikutnya adalah handrails atau pegangan tangga yang ketinggiannya berkisar antara 90 cm hingga 100 cm. Ukuran tersebut adalah standar dari kenyamanan dan keamanan dari tangga hunian bertingkat.

Itulah penjelasan mengenai detail tangga dalam hunian yang harus Anda pertimbangkan secara matang-matang. Ukuran tangga yang sesuai dengan standar akan terasa nyaman dan lebih aman bagi penghuni rumah. Mengingat banyaknya detail pada tangga hunian yang harus diperhatikan, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan tenaga profesional. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan desain tangga yang estetik, tepat, dan sesuai standar keamanan.