fbpx

Inilah Jenis Plafon Yang Digunakan Untuk Rumah

Plafon menjadi salah satu properti bagian dalam rumah yang sangat penting. Tidak hanya sekedar sebagai pembatas atau penutup antara atap rumah dengan ruangan, plafon juga bisa menjadi penentu ruangan rumah akan menjadi terlihat sangat sempit dan pengap atau tidaknya.

Ada beberapa jenis plafon yang digunakan. Jenis plafon rumah umumnya hanya berwarna putih biasa, namun saat ini, jenis plafon selain dibedakan dari bahan juga bisa dipilih dari segi warnanya.

Kira – kira, apa saja jenis plafon rumah yang sering digunakan? Berikut beberapa informasi jenis – jenis plafon rumah untuk kamu.

Jenis – jenis Plafon Untuk Rumah

1. Jenis Plafon GRC

Plafon GRC atau Glass Fiber Reinforced Cement Board ini merupakan salah satu jenis plafon paling populer dengan harga yang cukup ekonomis. Tahan terhadap api dan air serta lebih kuat dari plafon jenis triplek, plafon ini dapat diaplikasikan dengan rangka yang terbuat dari besi ataupun kayu. 

2. Jenis Plafon PVC

PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan salah satu jenis plafon yang cukup dikenal banyak di masyarakat. Material plafon ini lebih dikenal tahan terhadap air, anti api, anti rayap dan memiliki desain yang lebih trendi stylish dengan pilihan warna – warna yang menarik. Bobotnya ringan dan sangat mudah dalam pemasangan menjadi salah satu keunggulan jenis plafon rumah satu ini.

3. Jenis Plafon Gypsum

Pernahkah kamu melihat plafon indah di hotel? Kamu bisa membuatnya juga dirumahmu. Plafon tersebut adalah jenis plafon gypsum. Kamu bisa membuatnya dengan berbagai macam model seperti kubah, atau model industrial yang sederhana namun menarik. Plafon model gypsum sudah banyak ditemukan dipasaran dengan model beragam.

4. Jenis Plafon Rumah Akustik

Umumnya jenis plafon ini bisa ditemukan di ruangan musik, ataupun ruang pertemuan. Namun, jika kamu ingin membuat ruangan dirumah yang hening atau ingin membuat bioskop mini dirumah, jenis plafon ini sangat cocok dipilih karena mampu meredam suara dan menciptakan suasana yang tenang.

5. Jenis Plafon Eternit

Jenis plafon ini merupakan campuran dari bahan semen dan juga kain perca. Jenis plafon yang sangat umum dan sering ditemukan di rumah – rumah. Jenis plafon ini termasuk tahan api dan air, serta dapat menurunkan suhu yang cukup panas di ruangan. Salah satu jenis plafon untuk dapur rumah. Namun, dalam pemasanganya perlu ekstra hati – hati karena bahannya yang sangat rentan hancur.

6. Jenis Plafon Triplek

Jenis plafon yang terbuat dari kayu ini memberikan kesan yang natural alami. Bahannya yang ringan dengan pemasangan yang cukup mudah. Namun, jenis plafon ini tidak tahan terhadap api dan air mengingat bahan dasar dari plafon ini terbuat dari kayu.