fbpx

Mengenal Seluk Beluk Rumah Split Level

Konsep desain rumah split level, belakangan ini tengah menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan, pembangunan rumah tersebut diklaim dapat menjadi solusi praktis bagi seseorang yang memiliki area lahan yang terbatas. Terlepas dari hal tersebut, bagi kamu di rumah yang membutuhkan informasi seputar konsep desain rumah split, tidak ada salahnya menyimak informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Sekilas Pengertian Tentang Rumah Split

Jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, istilah rumah split level artinya adalah sebuah rumah terpisah dalam level tertentu. Yang mana dalam hal ini, konsep rumah yang dibuat ini biasanya akan memperlihatkan perbedaan dari segi desain yang diciptakannya. Adapun perbedaan yang ditawarkan dari konsep desain rumah ini, yakni pada ketinggian bangunan dan jumlah lantainya. Untuk tinggi rumah split biasanya hanya setengah dari tinggi lantai biasa.

Bahkan jika nantinya terdapat dua lantai di dalam rumah split ini, biasanya akan langsung dipisahkan oleh tangga pendek yang menjadi penghubung di antara satu lantai dengan lantai yang lainnya. Rumah berkonsep split level ini, umumnya memiliki ciri khas berupa rumah dua lantai dengan level yang berbeda.

Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Split Level

Banyak orang yang mengatakan, bahwa rumah split adalah sebuah konsep rumah baru seperti halnya konsep desain rumah minimalis modern. Bagi kamu di rumah yang mungkin masih membutuhkan informasi mengenai desain rumah split satu ini, maka sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan yang ditawarkannya.

1. Kelebihan Rumah Split

Beberapa kelebihan dari konsep pembuatan rumah split yang banyak diminati oleh sebagian kalangan masyarakat, di antaranya sebagai berikut :

  • Pembangunan rumah bisa dilakukan di lahan yang terbatas, dengan pemandangan rumah yang terlihat lebih luas.
  • Dikarenakan dibangun menjadi dua lantai, menjadikan rumah split terbilang lebih unik dan dinamis.
  • Memiliki kondisi sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih maksimal, sehingga akan jauh lebih hemat dalam penggunaan energi listrik di rumah hunian.
  • Menawarkan ruang tambahan multifungsi yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik rumah hunian.

2. Kekurangan Rumah Split

Di samping kelebihan yang ditawarkan, pembangunan rumah split ini juga memiliki kekurangan yang perlu kamu pertimbangan, antara lain sebagai berikut:

  • Proses pengerjaan rumah split cenderung lebih rumit dan harus dikerjakan oleh arsitektur yang sudah ahli di bidangnya.
  • Tidak ramah untuk anggota keluarga lansia, lantaran akan menyulitkan bagi mereka dalam melakukan segala aktivitas sehari – hari seperti menaiki tangga.
  • Rawan terjadi kecelakaan seperti misalnya terjatuh di tangga.

Itulah tadi beberapa hal penting yang bisa kamu ketahui seputar rumah split level dari segi pengertian, kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan. Dengan mengetahui informasi ini, maka akan memudahkan kamu untuk mengambil keputusan, apakah akan membangun rumah hunian dengan konsep rumah split atau justru sebaliknya.