fbpx

Pelajari Ukuran Kitchen Set Untuk Rumah Anda

Memiliki dapur minimalis yang sesuai dengan kebutuhan menjadi trend hunian terkini. Meskipun hanya digunakan untuk memasak, dapur perlu diperhatikan agar menciptakan rasa nyaman dan tampak indah jika dilihat dari ruangan lain. 

Faktor yang mempengaruhi idealnya suatu dapur yaitu ukuran ruangan dan kitchen set. Dengan ukuran sesuai peruntukan akan menciptakan tampilan yang aesthetic dan indah. 

Kitchen set dapat diartikan sebagai furniture yang diperuntukkan untuk menyimpan berbagai kebutuhan dapur, makanan, dan peralatan memasak. Umumnya, kitchen set sudah terdiri dari kompor, kabinet, tempat cuci piring, meja, kursi, dan lainnya. Oleh karena itu pilihlah ukuran kitchen set yang sesuai.  

Lalu berapa ukuran yang ideal untuk kitchen set? Bagi anda yang masih bingung, yuk simak ulasan berikut ini! 

Tinggi Kitchen Set Ideal Sesuai Peruntukan 

Umumnya, kegiatan memasak membutuhkan tenaga ekstra karena banyak kegiatan yang dilakukan dengan berdiri. Oleh karena itu, tinggi kitchen set harus disesuaikan dengan tinggi badan pengguna agar tidak kesulitan dalam menjangkau. 

Idealnya tinggi kitchen set yaitu sekitar 85 sampai 110 cm. Namun jika dilakukan pengukuran dari lantai  maka tingginya yaitu 76 sampai 85 cm. Jadi pastikan semua pas, tidak kurang dan lebih. 

Jarak Ideal Meja Dengan Kabinet Atas 

Selain tinggi kitchen set, terdapat hal yang harus diperhatikan. Misalnya saja jarak ideal meja dengan kabinet atas. Hal ini penting karena kabinet atas dan bawah difungsikan untuk meletakan bahan makanan,bumbu dapur, atau bahkan perlengkapan memasak. 

Untuk mendapatkan ukuran kitchen set yang ideal, anda dapat menggunakan jasa dari Voyerdesign.com. Jasa desain ini terbilang handal dan mampu memenuhi permintaan klien. Dapat dipastikan dapur anda akan tampak minimalis dan indah. 

Ukuran Tempat Cuci Piring Sebagai Pelengkap

Sebagai salah satu pelengkap dapur yang minimalis pasti tersedia tempat cuci piring. Tempat cuci piring juga harus diperhatikan agar tidak memenuhi ruang. Idealnya yaitu berukuran 80 sampai 90 cm yang terdiri dari bak atau dua bak. Anda harus jeli dalam ukuran kitchen set, agar mendukung hunian minimalis. 

Jarak Cooker Hoot Dan Kompor 

Pada hunian modern, penggunaan cooker hoot atau penyedot asap sudah banyak digunakan. Pasti anda menginginkan udara di dapur tetap sejuk dan tidak menyengat, sehingga jika anda menginginkan menggunakan komponen ini maka jarak idealnya yaitu 50 sampai 70 cm. 

Ukuran kitchen Set Ideal Untuk Kabinet Laci 

Umumnya, ukuran laci yang digunakan pada kitchen set akan menyesuaikan dengan bentuk kabinet. Biasanya, ukuran yang digunakan yaitu berkisar 45 sampai 60 cm dengan lebar kurang lebih 60 cm. Ukuran ini ideal, tidak kebesaran atau kekecilan. 

Lemari Sudut 

Sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis bahan makanan dan peralatan memasak tentu dibutuhkan lemari sudut. Jika anda ingin memasang furnitur ini maka ukuran yang ideal yaitu sekitar 85 sampai 100 cm dengan sisi pendek sekitar 60 cm dan tinggi 85 cm. 

Demikian pembahasan mengenai ukuran kitchen set. Tetap perhatikan desain dapur untuk meningkatkan tampilan aesthetic dari hunian anda.