fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Kayu yang Wajib Kamu Tahu

Ketika sedang membangun rumah dan merancang interior, kayu biasanya hanya dipakai untuk atap, pintu, maupun perabotan. Kebanyakan orang Indonesia akan memilih keramik untuk lantai daripada kayu. Namun kalau kamu ingin sesuatu yang berbeda dan ingin memiliki lantai kayu, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan menggunakan lantai kayu.

Kelebihan Lantai Kayu

Memiliki lantai kayu di rumah memiliki banyak kelebihan, yang pertama adalah membuat rumah kamu memiliki udara yang sehat karena mudah dibersihkan, tidak seperti rumah atau ruangan yang beralaskan tikar atau karpet yang bisa menjadi tempat berkumpulnya debu. Penggunaan pembersih lantai biasa pun tetap bisa dilakukan pada lantai kayu.

Kelebihan kedua dari lantai kayu adalah membuat rumah kamu lebih elegan dan terkesan mewah. Warna coklat khas dari kayu juga akan membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Hal ini kemudian juga akan meningkatkan value rumah kamu di mata orang-orang yang berkunjung.

Selanjutnya adalah jika terjadi kerusakan pada bagian-bagian tertentu, kamu akan bisa dengan mudah menggantinya. Hal ini tentu saja tidak akan bisa kamu lakukan pada lantai keramik yang akan sangat merepotkan jika harus diganti.

Banyak Pilihan Dari Lantai Kayu

Keuntungan lain dari lantai kayu adalah tersedianya banyak pilihan yang bisa kamu pilih. Bahan dasar bisa berasal dari pohon oak, mahoni, pinus dan lainnya, begitu juga jenis produk jadi yang beragam seperti lantai kayu outdoor yang tahan terhadap air, panas, dan serangga dan dibuat dari kayu ulin, merbau, bangkirai atau keruing.

Jenis lantai kayu lain yang bisa kamu pilih adalah lantai kayu vinyl yang sangat populer. Bahan vinyl adalah bahan sintetis yang akan bertahan lama, lebih terjangkau, mudah dipasang, dan bisa bertahan di lingkungan yang lembap.

Kalau kamu bingung dalam merancang rumah yang nyaman dan elegan dengan lantai kayu, kamu tinggal hubungi Voyer Design yang akan membantu kamu. Kamu bisa konsultasi dengan gratis, lalu akan ada kunjungan ke lokasi, dan proses desain yang hasilnya akan sangat memuaskan. Silakan cari tahu di voyerdesign.com.

Kekurangan Lantai Kayu

Lantai kayu juga memiliki beberapa kekurangan, pertama yaitu harganya yang mahal. Menghasilkan lantai kayu yang baik serta memasangnya membutuhkan keterampilan khusus. Selain itu, lantai kayu akan mudah tergores sehingga akan memerlukan perlindungan tambahan.

Kekurangan lainnya dari lantai kayu adalah mudah dirusak oleh air. Jika terkena air dan tidak segera dibersihkan, lantai kayu akan mengalami pelapukan. Jika kamu memiliki anak kecil atau binatang peliharaan yang akan sering menumpahkan air, maka kamu perlu sangat hati-hati. Selain itu, lantai kayu juga akan mengalami perubahan warna dan bentuk seiring waktu.