fbpx

Kelebihan Dan Kekurangan Lantai Kayu Parket

Lantai kayu memiliki beberapa jenis berbeda dan salah satu yang paling populer adalah lantai kayu parket. Bahan ini berasal dari kayu yang sudah dipress, berbentuk bilahan papan yang sudah siap dipasang. Namun sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan lantai parket di rumah, ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Lantai Parket

Lantai parket adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memiliki rumah dengan suasana natural dan elegan. Jika dipadukan dengan interior yang tepat dan sesuai, rumah kamu akan terasa hangat dan nyaman.

Lantai kayu parket juga akan sangat bermanfaat dipasang di negara tropis yang panas seperti Indonesia. Hal ini karena sifatnya yang bisa meredam suhu panas pada siang hari sehingga menjadikan rumah lebih sejuk. 

Kelebihan selanjutnya jika kamu menggunakan lantai kayu parket adalah bahannya yang empuk, tidak seperti bahan kayu lain atau keramik. Selain itu, lantai parket juga terbuat dari bahan anti alergen. Jika kamu memiliki anak kecil di rumah, kedua hal ini tentu akan sangat melindungi si kecil.

Beragam Jenis Lantai Parket

Jenis lantai parket pertama adalah lantai parket kayu solid. Jenis ini terbuat sepenuhnya dari bahan kayu asli sehingga memiliki tingkat ketahanan yang paling kuat. Karena terbuat dari kayu asli, semakin lama dipakai, tampilannya juga akan semakin indah.

Jenis kedua adalah kayu multipleks. Jenis ini tidak lagi menggunakan bahan kayu asli sepenuhnya, dan sudah dicampur dengan serbuk kayu. Walaupun begitu, jenis ini memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap sinar UV atau kelembapan daripada lantai parket solid karena sudah dilapisi lapisan pelindung. Jenis multiplex ini cocok untuk dijadikan lantai dapur atau taman dalam ruangan.

Selanjutnya ada jenis reclaimed dan laminate. Reclaimed, sesuai namanya, terbuat dari kayu bekas yang kemudian diolah kembali sehingga akan melindungi lingkungan. Sedangkan laminate juga berasal dari olahan kayu bekas namun nilai estetikanya sudah ditambah sehingga terlihat jauh lebih menarik.

Untuk mendapatkan jasa desain interior dengan lantai parket yang menarik, kamu bisa menghubungi Voyer Design di voyerdesign.com. Jangan khawatir, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu, dan untuk konsultasi kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. 

Kekurangan Lantai Parket

Lantai parket juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu hanya bisa dipasang di permukaan yang rata. Selain itu, jenis lantai kayu parket ini juga akan menimbulkan bunyi ketika diinjak sehingga akan sedikit mengganggu. Selain itu, lantai kayu parket juga memiliki permukaan yang cukup licin, terutama ketika basah. Selain itu, layaknya permukaan kayu lainnya, lantai parket akan mudah tergores sehingga kamu harus ekstra hati-hati ketika menaruh atau memindahkan perabotan seperti lemari atau meja.