fbpx

Inspirasi Desain Tangga Rumah Minimalis Yang Fungsional

Keterbatasan lahan membuat banyak pemilik rumah untuk membangun hunian ke atas. Membuat rumah yang memiliki beberapa lantai memang bisa menjadi solusi jitu untuk memperluas space di dalam rumah. Namun, perlu diingat bahwa hunian bertingkat pasti membutuhkan tangga untuk mengakses lantai atas. Salah pilih desain tangga bisa membuat rumah terasa penuh. Berikut beberapa inspirasi tangga rumah minimalis yang tetap fungsional tanpa membuat rumah terasa penuh.

Tangga Lurus Tidak Menempel Dinding

Jika space rumah memang sangat terbatas, Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk bermanuver dengan desain tangga dan hanya bisa menggunakan desain tangga lurus sederhana. Meskipun terdengar sangat sederhana, tangga lurus bisa menjadi desain tangga rumah sempit yang estetik dengan tidak menempelkan sisinya ke dinding rumah. Tak hanya membuat ruangan terlihat lebih indah, desain tangga semacam ini juga membuat rumah terasa lebih lapangan mengingat tangga ini juga bisa berfungsi sebagai partisi ruangan. Celah antara anak tangga menghasilkan efek partisi yang tidak terlalu tertutup yang sempurna untuk ruangan yang terbatas 

Tangga Di Atas Ruangan

Membangun tangga bisa menjadi dilema tersendiri jika rumah Anda sempit mengingat tangga rumah bisa jadi malah mengambil space lantai yang sebenarnya bisa difungsikan untuk ruangan tertentu misalnya. Untuk memastikan bahwa tangga tidak menghabiskan space lantai yang ada, Anda bisa membangun tangga di atas ruangan atau area dengan fungsi tertentu di dalam rumah. Sebagai contoh, Anda bisa membangun tangga di atas kamar mandi atau gudang. Anda juga bisa membangun tangga rumah minimalis yang tetap fungsional di atas area kerja. Dengan begitu, tangga rumah tidak akan menyita ruangan sama sekali.

Tangga Tanpa Pegangan

Kebanyakan tangga yang dibangun di rumah memiliki pegangan atau railing. Namun, keberadaan pegangan tangga ini justru bisa membuat rumah terlihat lebih sempit. Coba gunakan desain tangga tanpa pegangan untuk model tangga minimalis ruang sempit. Pegangan tangga yang membatasi ruangan ditiadakan sehingga tangga terkesan menyatu dengan ruangan tersebut dan membuat ruangan tampak lebih luas. Namun, jenis tangga ini bukan pilihan yang tepat untuk hunian yang ditinggali oleh anak kecil maupun lansia. Tangga dengan pegangan vertikal yang rapat bisa menjadi pilihan yang lebih aman jika ada anak kecil atau lansia yang menghuni rumah minimalis tersebut.

Tangga Spiral

Dari sekian banyak pilihan desain tangga rumah minimalis, pilihan yang paling hemat ruang mungkin jatuh pada tangga spiral. Jenis tangga ini memang terbilang sederhana, tetapi Anda tidak akan membutuhkan banyak ruang untuk membangun tangga spiral ini. Namun, perlu diingat bahwa tangga spiral memiliki tingkat kecuraman yang lumayan tinggi. Anak kecil maupun lansia mungkin akan mengalami kesulitan untuk naik-turun tangga dengan aman.

Agar tak salah pilih desain, Anda bisa berkonsultasi dengan Voyerdesign.com yang akan memberikan solusi untuk segala kebutuhan desain interior Anda.