fbpx

Simak Desain Pintu Rumah Dengan Berbagai Konsep Interior

Tahukah Anda bahwa saat ini desain pintu rumah, terbilang sangat beragam, mulai dari teknologi, bentuk, termasuk material yang digunakan. Untuk memilih desain pintu yang pas sesuai kebutuhan dan desain rumah yang Anda miliki, ada baiknya jika Anda membaca hingga tuntas ulasan berikut ini.

Desain Pintu Berdasarkan Bentuk Serta Gaya

Berdasarkan bentuk dan juga gaya, desain pintu rumah, akan dibedakan menjadi setidaknya 7 macam, yaitu :

1. Pintu Klasik / Tradisional

Ini adalah model pintu rumah, yang sangat populer dan paling banyak digunakan. Biasanya terdiri atas panel persegi dengan kombinasi yang beragam, seperti kaca, atau yang lainnya. Bahan yang digunakan umumnya adalah kayu.

2. Pintu Ukir

Menghadirkan kesan etnik pada sebuah hunian. Biasanya digunakan pada Villa atau juga resort, agar memberikan kesan natural, pada hunian yang dimaksud, Material yang biasanya digunakan, yaitu besi atau juga kayu.

3. Pintu Modern Minimalis

Tidak mempunyai banyak detail, hanya elemen garis, jadi ciri khas pintu yang satu ini. Bahan yang umum digunakan, yaitu papan kayu, PVC atau bisa juga alumunium. Pintu ini bisa digunakan untuk hunian dengan gaya minimalis hingga modern.

4. Pintu Rustic

Terinspirasi dari awal era perkembangan arsitektur, dengan menggunakan elemen kayu, dan juga metal. Pas untuk hunian dengan gaya industrial atau juga old fashion.

5. Pintu Lengkung

Termasuk kategori pintu klasik atau juga tradisional. Bahan yang biasanya digunakan, adalah bahan kayu, namun belakangan ada juga yang menggunakan bahan alumunium. Desain pintu ini, pas jika dipadukan dengan material batu bata di bagian pinggirnya

5. Pintu Screen

Umumnya tidak digunakan sebagai pintu utama, namun biasanya digunakan untuk berbagai ruang yang sifatnya umum dengan sedikit bukaan.

Desain Pintu Berdasarkan Teknik Buka

Apabila dilihat dari teknik membuka pintu, maka desain pintu akan dibagi menjadi setidaknya 4 macam, yaitu :

1. Pintu Geser

Dengan teknik digeser, membuat desain ini pas untuk Anda yang ingin menghemat ruangan. Anda dapat menggunakan desain 1 pintu atau desain pintu 2 daun.

2. Pintu Engsel

Ini adalah salah satu desain bukaan pintu yang terbilang umum, digunakan, yaitu dengan cara membuka ke arah samping, karena adanya engsel di bagian sisi pintu lainnya.

3. Pintu Lipat

Teknik membukanya dengan cara dilipat ke samping. Biasanya desain ini banyak digunakan untuk menghubungkan antara bagian taman belakang dan ruang tengah.

Desain Pintu Berdasarkan Material

Yang terakhir, yaitu desain pintu yang dilihat berdasarkan material, atau bahan yang digunakan untuk membuat pintu tersebut. Dalam hal ini bahan bahan yang umum digunakan antara lain kayu, kaca, bahan pintu cermin, alumunium, PVC, bahan metal / besi dan juga flush.

Khususnya untuk pintu depan rumah, selain pintu yang terbuat dari bahan kayu. Belakangan ini digunakan juga pintu rumah aluminium kaca, dimana material utama menggunakan bahan alumunium, sedangkan pada bagian tengah terdapat kaca, guna mempercantik penampilan pintu tersebut.

Bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari dan menentukan desain pintu rumah, yang tepat, ada baiknya berdiskusi langsung dengan jasa interior design, seperti Voyerdesign.com. Di tempat ini, Anda tidak hanya dapat berdiskusi tentang desain interior secara umum, namun juga hingga detail, seperti desain pintu, jendela, atap dan yang lainnya.