fbpx

Begini Cara Mudah Menghitung Luas Tanah

Mengetahui cara menghitung luas tanah dengan benar sangatlah penting. Baik itu untuk tujuan memastikan ukuran tanah yang hendak dibeli atau untuk mendirikan bangunan di atasnya, hal ini pastinya akan sangat membantu. Berikut cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk mengukur luas tanah dengan benar.

Menggunakan Rumus

Menghitung luas tanah rumah yang akan dibangun juga bisa menggunakan rumus-rumus berikut.

  • Persegi Panjang

Untuk menghitung luas, baik tanah maupun bangunan, Anda bisa menggunakan rumus luas persegi panjang yaitu, panjang x lebar.

  • Segitiga Sembarang

Jika tanah Anda berbentuk segitiga sembarangan Anda perlu mencari tahu keliling tanah tersebut terlebih dahulu dengan rumus S = (A+B+C) : 2. ABC disini merupakan panjang masing-masing sisi dari segitiga tersebut. Setelah menemukan keliling segitiga sembarang, Anda bisa mulai menghitung luasnya menggunakan rumus L = √ [S x (S-A) x (S-B) x (S-C)].

  • Segitiga Siku-siku

Untuk lahan berbentuk segitiga siku-siku, Anda bisa menghitung luas dengan menggunakan rumus L = ½ x alas x tinggi.

  • Segitiga Sama Sisi

Jika Anda memiliki tanah berbentuk segitiga sama sisi, Anda bisa menggunakan rumus L = ¼ a2 √.

Menggunakan Theodolit

Anda juga bisa menggunakan alat bernama theodolit untuk menghitung luas tanah m2. Theodolit adalah alat yang umum digunakan untuk mengukur luas tanah pada suatu proses konstruksi. Anda bisa mempelajari penggunaan alat ini dari buku panduan yang tersedia.

Menggunakan Software PC Dan Aplikasi Android

Anda juga bisa menggunakan software PC atau aplikasi ponsel Android untuk mengukur luas tanah. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu Anda mengukur luas tanah dengan cepat dan mudah.

Menggunakan Jasa Interior Desain

Tahukah Anda bahwa jasa interior desain tidak hanya membantu Anda dalam urusan penataan ruangan-ruangan di rumah? Jasa interior desain juga hadir dengan berbagai jenis layanan yang memungkinkan Anda membuat bangunan sesuai dengan apa yang diinginkan. Mulai dari tahap perencanaan hingga konstruksi, Anda akan mendapat bantuan dari tim profesional. Diantara agensi yang menawarkan jasa interior desain, Voyerdesiagn.com adalah salah satu yang terbaik. 

Voyerdesign.com menawarkan berbagai pilihan pelayanan, diantaranya:

1. Design Only

Jenis layanan ini dikhususkan bagi Anda yang hanya ingin fokus pada pembuatan desain. Layanan desain ini meliputi working drawings, rendering, dan desain 3D.

2. Design & Build

Jika Anda membutuhkan bantuan profesional dalam mendesain bangunan sekaligus pelaksanaan konstruksi, maka jenis layanan ini akan sesuai. Layanan yang ditawarkan meliputi tahap perencanaan hingga tahap konstruksi.

3. Contractor

Sesuai namanya, layanan ini dimulai dari tahap perencanaan sampai konstruksi dan segalanya dilakukan dengan penuh profesionalitas.

Selain layanan-layanan yang disebutkan di atas, Voyerdesign.com juga menawarkan jasa konsultasi gratis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang membuat desain ruangan estetik sesuai impian atau sekedar menghitung luas bangunan rumah.