fbpx

10 Cara Menciptakan Design Interior Cafe yang Menarik dan Mendatangkan Banyak Pelanggan

Membuat cafe interior design perlu dibentuk semenarik mungkin agar dapat menggaet banyak pelanggan untuk cafe yang Anda kelola. Terlebih seiring berkembangnya zaman beragam cafe dan restaurant terus bersaing demi kelangsungan usaha Anda kedepannya. Tiap tempat usaha mesti dibuat lebih menonjol dari lainnya.

Tak hanya dengan memiliki menu makanan yang lezat dan juga penyajiannya yang indah serta menarik, pastinya desain bangunan pun harus menarik perhatian para pengunjung. Menggunakan interior maupun eksterior yang tidak biasa, membuat pengunjung terus kembali ke cafe Anda. Berikut beberapa cara jitu untuk tingkatkan pengunjung serta daya tarik bangunan kafe yang Anda rintis.

1. Memiliki Desain Yang Simpel

Memanfaatkan jasa design interior cafe untuk membuat tampilan desain yang simpel dan terlihat bersih pastinya jadi dasar bagi sebuah cafe. Rancangan bangunan bersih tak sekadar lantai dan meja dan bersih, tetapi berlaku pula pada dekorasi interior ruangan yang nyaman bagi semua pengunjung. Meski dekorasinya sederhana tetap memberi nilai lebih untuk cafe Anda.

2. Memakai Paduan Warna Cerah

Kombinasi warna cat adalah cara yang paling mudah untuk menciptakan interior cafe tampak lebih hidup dan modern. Gunakanlah warna yang tepat hingga bisa menimbulkan daya tarik pada orang-orang pada ruang dalam cafe. Pasalnya warna bisa menjadi elemen penting yang mampu munculkan kesan dan suasana tertentu ketika diterapkan, baik itu untuk interior ataupun eksterior.

Gunakan warna putih dan abu-abu untuk warna interior, sebab kedua warna ini akan menampakkan kesan modern dalam interior cafe Anda. Warna merah bisa juga jadi pilihan alternatif dikarenakan warna ini punya karakter yang dapat tingkatkan selera makan dan membuat Anda jadi cepat lapar.

3. Furniture

Memilih furniture patut diperhitungkan, apalagi bila menggunakan design interior cafe dengan tema dan konsep tertentu pada cafe yang Anda kembangkan. Terkadang ada furniture yang tak sesuai dengan gaya dari cafe yang Anda mau, sebab itu pemakaian furniture tak boleh sembarangan agar selaras pada tema yang Anda terapkan.

Bukan hanya mengikuti tema tersebut, furniture pun nyaman dan tentunya sesuai dengan fungsi perabotan dalam ruangan. Sebagian orang mungkin lebih menyukai sofa dengan sandaran, bila furnitur ini cocok dengan tema interior cafe maka Anda bisa pertimbangan membeli furniture itu.

4. Konsep Kafe Internet

Adapun cafe yang memasang internet merupakan cara terbaik untuk menggaet pelanggan, seperti sebuah warnet atau warung internet. Warnet ini sebenarnya sebuah jenis usaha yang mana sejumlah komputer disiapkan untuk bisa bermain game, mengakses internet, chat dengan teman atau mengerjakan tugas yang berhubungan dengan komputer dan lain sebagainya.

Kebanyakan warnet akan memberikan beban biaya akses ke komputer dan internet dihitung berdasarkan waktu. Cafe interior design concept internet cafe tentunya butuh sejumlah hal untuk membangun konsep tersebut pada interior cafe. Terlebih zaman sekarang ini, kebutuhan akan internet sudah menjadi bagian penting dalam mengerjakan ragam pekerjaan. Pastinya cafe dengan konsep demikian disukai banyak orang.

5. Mertimbangkan Sisi Kualitas Ketimbang Kuantitas

Ketika Anda memilih furnitur misalnya meja, kursi, atau sofa, hal yang patut diperhatikan yakni kualitasnya apakah efektif untuk suatu ruangan atau tidak. Contohnya di ruang yang memanjang, baiknya memakai meja kokoh yang panjang. Penggunaan bahan berkualitas seperti metal maupun kayu yang kuat adalah pilihan yang terbaik.

Struktur dari perabotan menjadi hal yang utama. Walaupun artinya Anda akan memilih furniture dengan kualitas baik sehingga memungkinkan Anda mengurangi jumlah kursi dan meja dalam ruangan. Tak apa, karena kualitas sebuah funitur yang mesti Anda utamakan.

6. Pencahayaan

Dalam bangunan sebuah cafe, pencahayaan merupakan satu dari sejumlah faktor yang penting pada desain ruangan. Pencahayaan tertentu dapat menawarkan suasana tersendiri di dalam ruangan. Hal ini terkait dengan konsep yang akan diterapkan. Pencahayaan dapat pula memberikan tampilan makanan yang menarik dan berbeda.

Pengaturan cahaya yang tepat juga akan meningkatkan nafsu makan saat konsumen menyantap makanan cafe Anda. Pencahayaan yang bagus bukan sekadar mengandalkan cahaya buatan dari lampu tetapi juga dari pencahayaan alami oleh sinar matahari. Terdapat dua jenis pencahayaan, yakni artifisial dan natural. Pada tipe pencahayaan artifisial biasanya berhubungan pada pilihan lampu.

Memilih memakai pencahayaan cafe yang cocok dapat menciptakan kenyamanan pada interior cafe. Terlebih jika modelnya menarik, tentunya bisa memunculkan daya tarik pada cafe Anda. Karenanya Anda harus mengetahui ragam jenis cahaya yang mampu membuat interior cafe lebih menarik ketika melihatnya.

Pencahayaan tersebut masuk sebagai jenis pencahayaan accent, ambient, atau bahkan cahaya dekoratif. Sementara itu lampu dekoratif ialah bagian dari proses kreatif itu sendiri dalam membuat cahaya pada ruang interior. Lampu dekoratif adalah unsur dekorasi interior yang dapat ciptakan suasana ruang yang Anda harapkan bila pencahayaanya dilakukan dengan betul.

7. Desain Plafon

Plafon pada sebuah cafe juga patut jadi bahan pertimbangan dalam mendesain. Pemakaian plafon pada sebuah kafe selain menarik, seharusnya juga mempunyai fungsi tertentu, dapat meredam suara misalnya. Salah satu plafon yang direferensikan untuk coffee shop interior design ialah plafon jenis akustik.

Plafon jenis ini adalah alternatif bagi Anda yang ingin merencanakan sebuah ruangan yang mampu redam hiruk pikuk. Langit-langit ini merupakan tipe plafon yang tahan pada kebisingan dengan batas tertentu. Ukuran plafon akustik yang tersedia yakni 60cm x 120cm dan 60cm x 60cm.

Plafon tersebut bisa dipasang menggunakan bahan metal pabrikan yang sudah jadi atau rangka kayu. Karena plafon ini dapat meredam suara, membuat banyak masyarakat menggunakannya untuk kebutuhan ruangan tertentu. Beratnya juga tergolong ringan, jadi mudah bila ingin diperbaiki maupun menggantinya dan pengerjaannya pun cepat. Namun, plafon ini tidak tahan air dan di daerah tertentu harganya masih mahal.

8. Jendela

Pada frame dan bentuk jendela cafe Anda mesti didesain dengan benar supaya cahaya matahari masuk ke ruangan dalam cafe. Pengaturan pencahayaan yang tepat begitu pula pada bayang-bayang frame jendela akan menampakan kesan mendalam bagi pengunjung cafe. Jendela dengan frame itu bisa juga memberikan kesan positif dan menambah semangat pelanggan.

Sehingga pengunjung yang duduk di dekat jendela, dapat menikmati pemandangan yang tampak pada jendela cafe sembaring menyantap makanannya. Penerapan jendela tersebut tentu memberi efek positif sehingga bisa meningkatkan volume pengunjung.

9. Ruang Berkumpul

Kebanyakan sebuah restoran atau kafe dengan design interior cafe minimalis memiliki bermacam ruang makan. Apabila pelanggan butuh ruang yang dipakai makan serta berkumpul bersama keluarga maupun teman, maka Anda pastikan dahulu ukuran ruangan dan perabotan yang ada di dalam itu sesuai. Tentu hal ini berbeda pada area untuk konsep kafe yang cuma didatangi oleh orang sibuk. Berbagai penjelasan dari cara atau tips desain interior sebuah cafe ini bisa Anda gunakan pada cafe yang Anda kelola, bila Anda ingin mendapat info lebih seputar info interior design bisa coba kunjungi Voyer Interior.

No Comments
Leave a Reply