fbpx

4 Cara Menentukan Ukuran Meja Dapur Yang Ideal

Memiliki ukuran meja dapur yang ideal tentu akan memberikan kemudahan dan kenyamanan saat  melakukan aktivitas memasak. Meja dapur sendiri biasanya dibuat secara permanen dengan menggunakan sistem cor. Jika ukurannya tidak sesuai, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya untuk membongkarnya. Oleh karena itu, penting menentukan ukuran meja yang ideal untuk dapur kesayangan Anda 

Sebagai referensi, di bawah ini akan diulas mengenai cara menentukan ukuran meja yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan dapur Anda. 

Tentukan Tinggi Meja Dapur

Meja dapur yang terlalu rendah dinilai dapat memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan punggung. Sementara meja dapur dengan ukuran terlalu tinggi akan membutuhkan pijakan tambahan yang bisa membuat cedera jika lantai licin karena cipratan minyak. Jadi, pastikan untuk menyesuaikan tinggi meja dapur dengan tinggi badan Anda 

Ukuran meja dapur standar untuk orang dewasa dengan tinggi badan sekitar 150-160 cm adalah 80 cm. Sedangkan untuk tinggi area meja kompor berkisar antara 60 sampai 70 cm. 

Tentukan Lebar Meja Dapur

Aktivitas memasak memerlukan proses persiapan bahan makanan serta beberapa peralatan masak yang dibutuhkan. Agar semua bahan makanan dan peralatan masak bisa disimpan dengan baik, sebaiknya buat meja dapur dengan lebar 60 sampai 70 cm. Meja dapur dengan ukuran yang cukup luas tentu dapat menjaga pisau atau panci panas tidak mudah terjatuh. 

Tentukan Panjang Meja Dapur

Sebetulnya tidak ada patokan khusus mengenai seberapa panjang ukuran meja dapur. Jika Anda memiliki banyak perlengkapan memasak, meja dapur dengan ukuran yang panjang tentu akan lebih baik. Bila perlu, Anda juga bisa menambahkan hanging kabinet yang dipasang pada bagian atas dinding dapur. 

Sedangkan bagi Anda yang memiliki sedikit perlengkapan memasak, setidaknya buat meja dapur dengan ukuran panjang yang aman untuk meletakkan kompor dan peralatan masak utama lainnya. 

Perhatikan Bentuk Meja Dapur

Setelah menentukan tinggi, lebar serta panjang meja dapur ideal, selanjutnya perhatikan bentuk meja yang akan dipilih. Pemilihan bentuk meja dapur ini bertujuan untuk memudahkan mobilitas kamu ketika memasak.

Beberapa bentuk meja dapur permanen yang bisa dipilih yaitu letter I, L, dan U. Bentuk letter U memungkinkan Anda tidak perlu beranjak terlalu jauh untuk menjangkau seluruh bagian meja dapur. Sedangkan bentuk letter L sangat cocok untuk ruangan dapur yang bersatu dengan ruang makan. Sementara meja dengan bentuk letter I bisa dipilih untuk ruangan dapur yang memanjang.

Selain mempertimbangkan keempat cara di atas, Anda juga harus menyesuaikan ukuran meja dengan luas ruangan dapur. Agar meminimalisir risiko salah ukur, Anda bisa menggunakan jasa interior design terpercaya seperti Voyerdesign.com. Tim dari Voyer Design akan selalu siap membantu Anda dalam mendapatkan ukuran meja dapur yang ideal dan presisi . Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi nomor kontak yang tersedia di situs resmi Voyer Design.