fbpx

4 Konsep Desain Rooftop Minimalis Di Rumah Mungil

Rumah di kota besar kebanyakan memiliki lahan ruang terbatas dan agak mahal, berbeda dengan rumah di pedesaan yang memiliki lahan luas di sekitarnya dan sedikit terjangkau. Namun, kenikmatan memiliki rumah di area kota menjadikan mudah akses kemana saja. Rumah bergaya minimalis yang memanfaatkan ruang horisontal (bangunan naik bertingkat) guna menambah ruangan agar makin nyaman, salah satunya penambahan rooftop minimalis.

Tentang Rooftop 

Rooftop merupakan sebuah bangunan yang ditambahkan di atas ruangan dasar, bentuknya bisa terbuka total, terbuka sebagian, rooftop dibangun untuk tujuan ruang santai, kebun mini dan ruang olahraga. Rooftop tidak membuat rumah Anda semakin sempit apabila didesain dengan tepat. Contohnya, desain rooftop rumah minimalis akan lebih nyaman di bagian sisi samping rumah dengan konsep sedikit terbuka. Anda bisa juga membuat rooftop di bagian belakang rumah atas dengan menempatkan view terbaik. 

Semakin tepat pembangunan rumah dengan rooftop yang memiliki view memesona maka semakin nyaman untuk Anda tempati. 

Desain Rooftop Rumah Minimalis

1. Konsep Taman Minimalis

Anda bisa membentuk bagian satu sisinya dengan taman rumput sintetis, memakai pot besar atau cor-coran semen bentuk kotak kemudian diisi dengan tanah. Taman minimalis tersebut akan membuat suasana rumah lebih adem karena kadar oksigen bertambah. Anda bisa mengecek desain taman di website Voyerdesign.com. Jenis tanaman yang aman untuk ditanam sebaiknya berakar serabut seperti mawar, janda bolong, lidah buaya, lidah mertua, tanaman rimpang dan sebagainya. 

2. Konsep Ruang Santai Dengan Kolam Ikan 

Rooftop dengan kolam ikan atau akuarium saat ini sedang tren di kalangan rumah kota. Pembangunan kolam ikan hias akan menambah suasana rileks, apalagi terdapat meja dan kursi santai sembari menikmati secangkir kopi atau teh hangat. Penggunaan kolam akuarium lebih nyaman jika kacanya sedikit tebal guna menghindari benturan. Anda bisa juga menambahkan rerumputan hias bambu pAnda, pohon berkayu satu hingga dua buah saja. 

3. Konsep Camping 

Desain camping menampilkan ruangan setengah tertutup dengan tenda dan kasur ringan, kasur lipat dan beberapa aksesoris kaktus asli atau buatan. Jadi, ruangan suasana camping bisa menjadi salah satu kamar istimewa berkumpul bersama keluarga. 

4. Konsep Minibar

Minibar menjadi salah satu tren yang cukup eksis untuk rooftop rumah minimalis 2023 dan tahun mendatang. Tamu yang datang bisa ditempatkan di rooftop sembari menikmati meeting, acara spesial atau makan bersama pasangan. 

Penambahan desain rooftop ala korea sebagai salah satu aksen dalam memperindah rumah kota dan kenyamanan singgah menjadi target yang cukup diperhitungkan. Pembuatan rooftop tidak bisa asal pasang tetapi juga harus memperhatikan keamanan lingkungan dalam dan luar rumah. Anda bisa bertanya seputar rooftop di website Voyerdesign.com untuk memperoleh banyak contoh desain terbaru.