fbpx

5 Bahan Kitchen Set Ini Bisa Kamu Gunakan Untuk Dapurmu

Buat kamu yang hobi memasak, estetika dapur penting untuk diperhatikan. Ciptakan desain dapur yang bisa buat kamu semakin semangat memasak. Gunakan kitchen set agar dapur selalu bersih dan rapi. Pilih bahan kitchen set yang berkualitas agar awet dan sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

Perhatikan Ini Sebelum Memilih

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kitchen harus awet dan kuat. Sehingga umur pakainya dapat bertahan hingga bertahun-tahun tanpa khawatir rusak karena lembab maupun serangan rayap. Kamu bisa memilih bahan kitchen set aluminium yang tahan terhadap air. Pemilihan bahan set dapur perlu diperhatikan dengan jeli sesuai dengan kebutuhan memasakmu.

Fungsi Kitchen Set Untuk Dapur

Set dapur berfungsi untuk membuat dapur kamu menjadi lebih rapi, bersih, dan estetik. Dengan adanya perabot ini, kamu bisa menyimpan peralatan memasak di dalamnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menyimpan peralatan makan seperti gelas, piring, sendok, garpu, dan lainnya di dalam set dapur. Sehingga lebih aman dan tidak terkontaminasi dari debu-debu ruangan.

Bahan Kitchen Set yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Dapur

Berikut ini ada lima rekomendasi bahan yang bisa kamu gunakan untuk set dapur:

1. Bahan Blockboard

Bahan set dapur Blockboard ini mirip kayu multipleks, bedanya hanya pada bagian lapisannya. Lapisan blockboard dari potongan-potongan kayu yang dibentuk menjadi horizontal. Jenis kayu untuk bahan blockboard salah satunya sengon laut yang tahan air dan kokoh.

Kelebihan bahan blockboard untuk set dapur harganya yang murah. Cocok buat kamu yang terbatas dengan budget. Sedangkan kekurangannya kurang awet jika dibandingkan dengan bahan multiplek.

2. Bahan Cat Duco

Bahan cat duco cocok buat kamu yang ingin memiliki set dapur dengan desain elegan. Hasil finishing dari bahan ini memiliki corak dan warna yang lebih variatif. Untuk hasil yang optimal, maka perlu cukup waktu dalam mengerjakannya.

Kelebihan bahan cat duco adalah kamu bisa memilih tipe semi glossy atau tipe glossy pada warnanya. Jika kamu suka kitchen set mini bar dapur kecil dengan corak batu-batuan atau marmer, maka cocok memilih set dapur berbahan cat duco. Kekurangan untuk bahan ini memiliki biaya finishing yang mahal. 

3. Bahan Multiplek

Kayu multiplek menjadi idaman banyak ibu-ibu saat memilih untuk set dapur. Bahan ini terkenal terbuat dari kayu olahan paling kuat. Sehingga direkomendasikan sebagai salah satu bahan untuk membuat set dapur.

Kelebihan bahan multiplek terdapat pada kerapatan tekstur lapisan kayunya. Sehingga tahan terhadap air. Kekurangannya karena termasuk bahan yang unggul tentu saja dijual dengan harga yang mahal.

4. Bahan Decosheet

Bahan set dapur bernama decosheet sering juga disebut dengan taconsheet atau tacon. Bentuk decosheet ini tipis sehingga mudah dibentuk. Buat kamu yang hendak mendesain dapur kering, maka disarankan untuk menggunakan kitchen set minimalis decosheet ini.

Kelebihan dari bahan decosheet tidak mudah mengelupas dan fleksibel untuk dibentuk. Dari segi kekurangan karena bahannya yang tipis, maka tidak tahan lama. Sehingga perlu hati-hati dan dijaga dari suhu panas dan minyak.

5. Bahan High Pressure Laminate

Bahan High Pressure Laminate atau HPL dibuat dari decorative paper dan resin. Biasanya digunakan untuk mebel atau penutup atas pada furniture. Tersedia banyak warna jika kamu tertarik memilih bahan HPL ini untuk set dapur.

Kelebihan bahan satu ini mudah dibersihkan dan ramah terhadap lingkungan. Penggunaannya juga praktis. Kekurangan yang dimiliki bahan HPL terletak pada estetika yang kurang menarik jika hendak mencari estetikanya.

Pilihlah bahan kitchen set yang sesuai dengan desain impian dapur kamu. Sehingga nantinya dekorasi kitchen set kamu dapat terlihat optimal. Kamu pun dapat memiliki set dapur yang tidak kalah estetiknya dibanding dapur ibu-ibu lainnya.