fbpx

6 Tips Dekorasi Ruang Tamu Yang Menarik

Hal pertama yang akan diperhatikan saat seseorang datang ke rumah Anda adalah dekorasi ruang tamu. Desain yang diaplikasikan pada ruang tamu dapat merefleksikan kepribadian Anda sebagai pemilik rumah. Berikut beberapa tips mudah yang dapat membantu Anda menata ruang tamu agar terlihat cantik, estetik, dan mencerminkan kepribadian Anda yang unik.

1. Gunakan Warna-Warna Cerah

Warna cerah dapat memberi ilusi ruang tamu Anda terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki ruang tamu yang tidak terlalu besar. Anda bisa mengaplikasikan warna-warna cerah pada furnitur utama, karpet, dan dinding. 

Untuk lebih menonjolkan warna pada furnitur atau sudut-sudut tertentu di ruang tamu, Anda bisa menambahkan warna netral. Selain membuat warna lain terlihat lebih menonjol, warna netral juga dapat menambahkan kesan fleksibilitas pada ruang tamu. Untuk memberikan kesan ruang tamu yang lebih luas, Anda juga bisa menghindari penggunaan warna gelap atau fitur-fitur dengan terlalu banyak pola.

2. Perabotan Minimalis

Jika ingin dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik, hindari penggunaan terlalu banyak furnitur, terutama jika ruangannya tidak terlalu besar. Pastikan Anda memilih perabotan dengan ukuran yang sesuai dengan ruang tamu Anda. Untuk membuat proporsi ruangan tampak seimbang dan enak dilihat, Anda juga perlu perabotan yang berukuran tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Letakkan Cermin Di Ruang Tamu

Salah satu alternatif yang cukup efektif untuk membuat ruang tamu terlihat lebih luas adalah dengan mendekorasinya dengan cermin. Selain itu, cermin juga dapat membuat ruang tamu Anda terlihat lebih terang dan menambahkan cahaya alami ke dalam ruangan. Para ahli interior desain setuju bahwa cermin merupakan aksesori menarik dan dapat membuat sebuah ruangan terlihat lebih elegan. 

4. Gunakan Lampu Gantung Yang Menarik

Lampu gantung yang artistik dapat membuat ruang tamu Anda terlihat lebih estetik. Tidak hanya itu, pilihan lampu gantung yang tepat dapat memberikan kesan elegan pada ruang tamu yang sederhana. 

5. Tambahkan Karpet

Anda bisa menambahkan karpet dengan desain elegan untuk membuat dekorasi ruang tamu terlihat lebih menarik. Agar dekorasi interior ruang tamu Anda tidak terlihat berlebihan, Anda bisa memilih karpet dengan satu warna dan bermotif unik. Jika ruang tamu Anda tidak terlalu besar, ada baiknya menempatkan karpet dengan ukuran kecil di bawah meja.

6. Menggunakan Jasa Profesional

Anda juga bisa menyewa jasa profesional untuk membantu menemukan ide ruang tamu cantik dan mewujudkannya. Voyerdesign.com sebagai salah satu penyedia jasa profesional interior design hadir dengan berbagai jenis layanan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda yang unik. Dimulai dengan sesi konsultasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis hingga membantu perencanaan budgeting, Voyerdesign.com adalah all-in-one service untuk interior desain.