fbpx

Apa Itu Patio Dan Fungsinya Pada Rumah

Istilah patio sepertinya sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Lalu, apa itu patio? Patio adalah istilah terkait ruangan terbuka dalam interior bangunan. Bahkan banyak orang yang mengartikan bahwa patio adalah teras ataupun dek halaman rumah. Ternyata konsep patio itu memiliki struktur dan detail sendiri sehingga definisinya jauh lebih mendalam dan detail untuk desain rumah itu sendiri. 

Mengenal Istilah Patio 

Setelah Anda mengetahui secara sekilas terkait patio rumah, maka saatnya Anda mengetahui definisi secara detail terkait patio itu sendiri. Patio ini ternyata berasal dari Bahasa Spanyol yang mempunyai arti halaman rumah atau bangunan. Ternyata makna mendalam dari patio ini adalah halaman atau area terbuka yang memiliki sifat alami dan saling bersentuhan dengan tanah. Detail patio ini tak harus berkaitan dengan dek ataupun platform bangunan. Biasanya bangunan dengan gaya patio ini tak membutuhkan pagar dikarenakan sifatnya yang sangat alami dan rata dengan tanah. 

Apa itu patio dalam arti lain? Patio ternyata bisa melekat terhadap struktur bangunan ataupun rumah. Desain interior patio ini biasanya mengambil elemen landscape indah. Secara garis besar, patio ini memiliki sifat yang fleksibel yang mana bisa disesuaikan dengan bentuk dan bangunan yang digunakan. Patio ini biasanya memakai bahan konkret seperti batu, semen, dan bata. Desain patio ini biasanya diterapkan pada bagian samping, depan, dan belakang rumah Anda. 

Fungsi Patio Rumah

Ternyata desain patio ini tak hanya menawarkan keindahan saja, desain ini lebih fungsional untuk desain keseluruhan rumah Anda. Inilah beberapa fungsi dari patio untuk tampilan rumah Anda. 

1. Menawarkan Space Ruangan Outdoor 

Bila Anda ingin bersantai di rumah dengan nyaman, maka Anda bisa menerapkan detail desain patio. Anda cukup mendesain rumah dengan elemen patio ini sehingga Anda bisa bersantai di ruangan terbuka di rumah di bawah teriknya sinar matahari. Anda bisa menambahkan beberapa furniture di ruangan terbuka. Aturlah layout furniture tersebut senyaman mungkin.

2. Jadi Focal Point 

Tak hanya menjadi space ekstra rumah, patio ini juga bisa menjadi focal point dari sebuah bangunan ataupun rumah. Unsur patio ini memberikan detail menyeluruh pada rumah Anda. 

3. Transisi Indah 

Tak hanya itu saja, detail patio ini juga membuat transisi keren dan indah di bangunan dan rumah Anda. Patio ini bisa lebih fungsional antara outdoor dan indoor. Tentu saja, pandangan rumah dan bangunan jauh lebih indah dan fleksibel. 

Inilah Ide Desain Patio Yang Bisa Dicoba 

Ada beberapa desain patio yang indah dan stylish untuk dicoba, inilah beberapa desain patio tersebut. 

1. Space-Saving 

Anda bisa mencoba gaya space-saving untuk desain patio ini. Desain ini terlihat atraktif dan colorful. Anda bisa memakai karpet bermotif dan furniture yang eye catching untuk gaya ini. 

2. Homey Dan Natural 

Anda bisa mendesain patio dengan konsep natural dan homey. Anda bisa mengambil bahan material bamboo ataupun rotan untuk detail lantai. Konsep ini membuat ruangan lebih homey dan natural. 

Untuk mendesain rumah dengan desain patio, maka Anda bisa mempercayakan pada jasa interior desain yang terpercaya seperti Voyerdesign.com.