fbpx

Ingin Memasang Plafon PVC? Inilah Cara Memasang Plafon PVC Yang Benar

Anda berencana menggunakan plafon PVC untuk langit-langit ruangan? Sudah tahu cara memasangnya? Jika belum, simak artikel kali ini untuk mengetahui cara pemasangan plafon PVC yang tepat dan efektif.

PVC merupakan salah satu material plafon yang populer karena memiliki berbagai keunggulan dan proses pemasangannya mudah. Agar tidak salah dalam pemasangan plafon berbahan PVC, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Siapkan Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Pemasangan Plafon PVC

Cara memasang plafon PVC yang pertama adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Mulai dari papan PVC, list PVC, lem silicon, sekrup, paku beton, serta besi hollow 2 x 4 dan 4 x 4. Supaya tidak tercecer, letakkan bahan-bahan berukuran kecil dan sedang ke dalam kotak penyimpanan. Selain lebih terorganisir, pekerjaan Anda juga tidak akan terganggu karena bahan yang berserakan.

2. Siapkan Peralatan Untuk Memasang Plafon

Selain bahan utama, Anda pun harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memasang plafon PVC. Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah bor, mata bor untuk sekrup, gerinda, meteran, siku, palu, dan pisau cutter. Tak hanya itu, Anda juga butuh tangga lipat untuk memasang plafon. Pastikan pula peralatan yang digunakan berada dalam kondisi bagus agar tidak menimbulkan masalah selama pemasangan.

3. Pasang Rangka Plafon

Langkah berikutnya adalah memasang rangka plafon PVC. Supaya hasilnya presisi, lakukanlah penandaan ketinggian plafon terlebih dahulu. Idealnya, ketinggian plafon dibuat di atas 3 meter. Meski begitu, usahakan plafon tidak melebihi ring balok karena area tersebut merupakan tembok yang sangat keras.

Agar hasilnya rata, Anda dapat menggunakan waterpass selang untuk menandai sekeliling ruangan yang akan dipasangi plafon. Setelah penandaan, pasang besi hollow ke dinding dengan menggunakan paku beton yang telah disesuaikan.

4. Pasang List Profil PVC

Setelah memasang rangka, langkah berikutnya adalah menempelkan list pada bagian bawah rangka dengan sekrup dan bor. Lakukan pemasangan secara berurutan dimulai dari sudut tembok. Untuk memperoleh hasil yang rapi pada bagian-bagian tertentu, gunakanlah mesin gerinda atau gergaji.

5. Pemasangan Papan PVC

Setelah pemasangan list selesai, saatnya memasang plafon PVC dengan penempelan papan. Pertama-tama, pasanglah satu lembar papan PVC dengan menggunakan sekrup dan bor ke salah satu pinggiran tembok. Lalu, masukkan bagian sisi depan ke dalam list PVC dan sambunglah ke bagian lain menggunakan lembaran papan PVC.

Pastikan setiap lembarnya terpasang dengan rapi supaya hasil akhirnya terlihat bagus. Pastikan juga semua sekrup sudah terpasang pada setiap lembar papan PVC sebelum memasang lembar berikutnya.

Sangat mudah bukan? Untuk urusan interior rumah memang harus dipikirkan matang-matang. Anda bisa menggunakan jasa Voyerdesign.com untuk menciptakan hunian yang nyaman dan terkonsep.