fbpx

Ingin Menggunakan Dinding Gypsum? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

Gypsum dinding merupakan salah satu material yang dipilih untuk pembuatan dinding. Saat ini sebagian besar rumah baru selalu memilih dinding dari material gypsum karena berbagai kelebihannya dibanding yang lain, salah satunya tentu dari segi harga.

Apakah Anda salah satu yang berencana menggunakan gypsum dinding? Jika iya, pastikan Anda sudah mengetahui plus minus material satu ini. Untuk menambah wawasan Anda, pastikan untuk menyimak ulasan di bawah ini!

Kelebihan Gypsum Dinding

Berikut ini beberapa kelebihan gypsum dinding, yaitu:

1. Proses Pemasangan Lebih Cepat

Sangat berbeda dari penggunaan dinding batu bata maupun beton, gypsum dinding hadir dengan proses pemasangan yang lebih cepat. Tentu saja penggunaan gypsum sangat efektif untuk Anda yang ingin pembangunan rumah baru siap lebih cepat. Selain itu, pemasangan yang cepat juga akan membuat Anda semakin mudah meminimalisir anggaran.

2. Bobot Lebih Ringan

Gypsum dinding rumah juga memiliki bobot yang lebih ringan jika dibandingkan beton atau batu bata. Misal, jika batu bata atau dinding beton memiliki bobot mencapai 80 hingga 100 kg per m2. Maka dinding gypsum hanya memiliki bobot 30 kg saja untuk setiap m2. Fakta inilah yang membuat dinding gypsum lebih cepat dan mudah dipasang.

3. Bisa Dipasang Di Mana Saja

Jauh berbeda dengan dinding batu batu yang dipasang di atas balok struktur, gypsum  menyediakan pemasangan yang lebih fleksibel karena bisa dipasang di mana saja. Material gypsum dinding memungkinkan dipasang di berbagai area di dalam rumah sehingga mempermudah proses pembangunan hunian baru Anda dan keluarga.

4. Mudah Diperbaiki

Pada beberapa kondisi mungkin gypsum dinding akan mengalami kerusakan seperti lecet atau berlubang. Namun tidak perlu khawatir karena proses perbaikannya sangat sederhana. Anda hanya perlu menambahkan dempul. Jika ingin lebih mudah, Anda juga bisa menggantikan bagian pada papan gypsum yang telah rusak.

Kekurangan Gypsum Dinding

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, jenis gypsum untuk dinding juga memiliki beberapa kekurangan. Bagi Anda yang berencana menggunakan gypsum dinding, pastikan Anda mengetahui dan mempertimbangkan hal ini dengan matang.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa kekurangan gypsum dinding:

  • Gypsum termasuk material yang tidak tahan air, bahkan rentan hancur jika terkena air dalam jumlah besar.
  • Lebih rentan terkena benturan, pasalnya gypsum cukup rapuh sehingga Anda harus benar-benar menjaganya terlebih saat memindahkan barang atau furniture yang menyentuh dinding langsung.
  • Harus dipasang dengan teliti agar memberikan hasil yang rapi serta kokoh

Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda yang ingin menggunakan gypsum dinding untuk menghubungi ahlinya agar pemasangan bisa dilakukan secara rapi, presisi dan aman.

Layanan Rancang Dan Desain Perumahan Terbaik

Tidak perlu khawatir, kini semakin mudah merancang dan mendesain hunian impian Anda dengan mengandalkan jasa Voyerdesign.com. Dengan Voyerdesign Anda bisa mendapatkan layanan pengembangan dari konsep hingga realisasi hunian terbaik yang dilakukan oleh tim ahli berpengalaman. 

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang desain rumah hingga tips pemasangan gypsum dinding, pastikan untuk segera mengunjungi laman resminya!