fbpx

Inilah Fungsi Cat Dasar Tembok Yang Wajib Kamu Ketahui

Mengecat tembok adalah salah satu proses finishing yang membutuhkan ketelitian. Dalam mengecat tembok, banyak orang langsung mengaplikasikan cat utama tanpa cat dasar terlebih dahulu. Padahal, pengaplikasian cat dasar tembok sebelum cat utama akan memberikan banyak keuntungan.

Memberikan Dasar Yang Baik

Tekstur tembok tidak selalu sama dan rata. Dalam proses pembangunan, terkadang terdapat bagian-bagian tembok yang kasar dan tidak rata. Jika menggunakan cat dasar, maka bagian-bagian yang kasar atau tidak rata ini akan tertutupi dan menjadi sedikit lebih rata.

Kemudian, mengecat bagian-bagian tembok yang tadinya tidak rata atau kasar menggunakan cat tembok utama pun akan menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, hasil akhir yang akan dihasilkan juga tentu saja akan lebih indah dan memuaskan.

Melapisi Pori-Pori Tembok

Ada beragam jenis tembok berdasarkan material yang digunakan, salah satunya adalah tembok yang menggunakan bata hebel yang memiliki pori-pori yang besar. Dengan cat dasar, pori-pori tersebut bisa tertutupi sehingga penggunaan cat utama tidak akan terlalu boros. 

Selain itu, pori-pori yang tersebar di seluruh tembok juga bisa membuat pengaplikasian cat tembok utama menjadi tidak rata, penggunaan cat dasar akan mencegah ini sehingga cat utama dapat diaplikasikan secara menyeluruh dan rata sempurna.

Menutupi Noda Di Tembok

Setelah selesai dibangun, terkadang kita menemukan noda di bagian-bagian tembok tertentu. Hal ini bisa diatasi dengan mengaplikasikan cat dasar atau cat primer untuk menutupi noda-noda tersebut sebelum menggunakan cat utama.

Tidak hanya itu, cat primer juga bisa membantu supaya noda tidak dengan mudah menempel di permukaan tembok yang sudah selesai dicat. Cat dasar warna apa saja yang sering digunakan? Biasanya warna abu-abu atau putih adalah pilihan yang paling sering digunakan.

Mencegah Munculnya Garam Alkali

Anda pasti pernah melihat tembok dengan bercak-bercak warna di bagian tertentu kan? Itu terjadi karena munculnya kandungan garam alkali dari dalam tembok, yang kemudian merusak tampilan cat. Dengan menggunakan cat dasar tembok, Anda bisa mencegah garam alkali untuk muncul dan merusak cat utama.

Mengecat Ulang Tembok

Pengaplikasian cat primer tidak hanya untuk tembok baru, namun juga perlu dilakukan jika Anda hendak mengecat ulang. Ini wajib dilakukan apalagi jika cat tembok Anda sebelumnya berwarna gloss yang licin. Jika tanpa cat dasar, cat yang menempel di cat dengan tipe gloss akan sulit menempel dan mengering.

Jika Anda masih bingung memilih warna cat dasar tembok yang bagus, dan ingin mendekorasi rumah Anda, segera hubungi Voyer Design di Voyerdesign. Di Voyer Design, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu, dan tanpa dipungut biaya.