fbpx

Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis

Jika kamu punya lahan lebih di rumahmu, kamu bisa mempertimbangkan membangun kolam ikan minimalis. Tidak hanya mempercantik tampilan rumahmu, kolam ikan juga akan meningkatkan nilai dari rumahmu juga. Kolam ikan akan memberikan kesan sejuk dan indah pada rumahmu. Berikut adalah beberapa ide desain kolam ikan minimalis terbaru.

Gunakan Dekorasi Alami

Kolam ikan paling cocok dengan dekorasi alami, seperti tanaman dan bebatuan. Dekorasi seperti ini juga tidak akan menguras kantongmu. Untuk tanaman, pilihlah tanaman berukuran kecil atau sedang. Kamu juga bisa meletakkan batu alam sebagai dekorasi tambahan. Dekorasi-dekorasi alami ini akan memaksimalkan tampilan sejuk di kolam ikanmu.

Tambahkan Air Mancur

Menambahkan air mancur sederhana bisa menciptakan suasana segar di area kolam ikan, sekaligus menjaga rumah gaya minimalis yang sudah diterapkan. Air mancur bisa berfungsi sebagai pemanis tampilan kolam ikanmu. Pilihlah air mancur berukuran kecil saja agar tidak merusak tampilan minimalis. Selain sebagai pemanis, suara gemericik air dari air mancur juga akan membuatmu menjadi lebih rileks.

Gunakan Material Kaca

Untuk tampilan yang menarik, kombinasikan material kaca dan konkrit dengan rasio yang pas. Dengan material kaca, kamu bisa melihat ikan peliharaanmu dari kejauhan, tanpa harus mendekati kolam terlebih dahulu. Perpaduan material konkrit dan kaca cocok bagi kamu yang ingin menambahkan sentuhan modern pada kolam ikan minimalismu.

Tambahkan lampu di dekat kolam ikan, sehingga kamu masih bisa bersantai dan menikmati area kolam pada malam hari. Penambahan lampu juga bisa menciptakan kesan dramatis, yang tentunya dapat meningkatkan nilai estetika kolam ikanmu.

Tambahkan Elemen Kayu

Ide kolam ikan depan rumah selanjutnya adalah dengan menambahkan elemen kayu. Kamu bisa menambahkan platform kayu atau dek kayu, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Jika kamu memilih dek kayu, kamu bisa menciptakan area tambahan untuk bersantai dengan menambahkan kursi dan meja minimalis.

Namun, dek kayu lebih cocok jika kamu memiliki kolam ikan yang cukup besar. Untuk alternatif, kamu bisa memilih platform kayu yang mengeliling pinggiran kolam ikan. Penggunaan material kayu dapat membuat suasana menjadi lebih hangat. Untuk dekorasi, pilihlah satu saja yang mendominasi, seperti kendi besar.

Atau, kamu juga bisa menciptakan gaya Jepang dengan menambahkan dekorasi jembatan kecil pada kolam. Dekorasi yang sederhana dan tidak banyak akan mempertahankan kesan minimalis yang ada.

Gunakan Bambu

Jika material kayu dirasa cukup mahal, kamu bisa menggunakan bambu sebagai alternatif yang lebih terjangkau. Walaupun lebih terjangkau, bambu bisa menciptakan nuansa yang sama seperti material kayu. Pilihlah bambu yang berkualitas untuk menjaga keindahan kolam ikanmu.

Itu tadi adalah beberapa ide desain untuk kolam ikan minimalis di rumahmu.