fbpx

Intip 5 Model Pintu Sliding Membuat Rumah Terlihat Lebih Luas

Apakah yang dimaksud dengan pintu sliding? Pintu sliding, atau pintu geser dalam Bahasa Indonesia merupakan jenis pintu rumah yang dibuka dan ditutup dengan cara digeser. Untuk memudahkan panel pintu bergeser baik membuka atau menutup, biasanya terdapat roller yang dipasang di bagian atas.

Kelebihan utama dari penggunaan pintu sliding ini adalah untuk menghemat space ruangan. Jika Anda menggunakan pintu konvensional dengan cara didorong, maka akan membutuhkan ruang lebih sebagai tempat pintu tersebut membuka atau menutup. Jika ruangan di rumah Anda sempit, tentunya hal ini cukup mengganggu atau tidak efektif. Untuk itulah, pintu siding menjadi solusi jika rumah Anda tergolong kecil. 

Menariknya, saat ini, pintu sliding tersedia di pasaran dengan berbagai bentuk dan desain. Material yang digunakan juga tergolong beragam. Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan pintu jenis ini? Berikut beberapa jenis pintu sliding yang mungkin menginspirasi Anda.

Pintu Sliding Kayu

Salah satu jenis pintu sliding yang paling umum ditemukan di pasaran adalah pintu sliding kayu. Ya, seperti namanya, pintu sliding ini terbuat dari kayu baik kayu jati, kayu mahoni, maupun jenis kayu lainnya. 

Pintu sliding kayu diminati karena karakter kayu itu sendiri yang cenderung kuat. Selain itu, jika diproduksi dengan baik, perabotan kayu juga tahan lama serta anti rayap. Pintu kayu juga dapat digunakan untuk berbagai desain ruangan baik yang klasik maupun modern.

Pintu Sliding Aluminium 

Jenis kedua yang mudah ditemukan adalah pintu sliding yang terbuat dari aluminium. Kelebihan dari pintu jenis ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan dengan yang terbuat dari kayu. Selain itu, pintu ini juga cukup kuat dan tahan lama.

Pintu sliding aluminium cocok digunakan untuk kamar mandi atau ruangan yang mudah terkena air. Pastikan untuk memilih jenis aluminium yang berkualitas agar tidak mudah berkarat. 

Pintu Sliding Kaca

Jenis pintu berikutnya adalah pintu sliding kaca. Ada banyak jenis dan desain pintu rumah seperti pintu sliding yang terbuat full dari kaca dan ada pula yang hanya panelnya saja yang terbuat daei kaca. Sementara itu, frame nya terbuat dari kayu untuk menambah kesan estetis.

Material kaca sangat cocok untuk pintu geser minimalis modern. Selain itu pintu kaca memberikan lebih banyak efek luas. Ya, karena kaca merupakan material yang transparan, maka ruangan yang dibatasi dengan pintu ini akan nampak lebih lapang.

Pintu Sliding Kaca Buram

Namun, jika Anda ingin pintu sliding kaca yang tidak tembus pandang, pilih kaca buram sebagai material utamanya. Sliding door ini tidak hanya tersedia dalam warna putih tapi juga warna-warna menarik lainnya.

Pintu Sliding Khas Asia

Pintu kaca juga mudah dikombinasikan dengan ide-ide lainnya. Bagi Anda pecinta interior khas Asia, pintu sliding dari kaca dapat didesain ala Jepang dengan menambahkan aksen kayu. Jika Anda ingin pintu sliding lebih berkesan tradisional, gunakan kertas interior sebagai pengganti kaca pada panel.