fbpx

Jangan Asal Dalam Mengaplikasikan Jendela Rumah, Inilah Ukuran Jendela Yang Tepat

Pada setiap rumah akan mempunyai ukuran jendela yang juga berbeda-beda. Pastinya akan membuat Anda merasa kebingungan dalam menyesuaikan ukuran yang tepat ketika membangun rumah yang baru. Berikut ini kita akan memberikan referensi standar ukuran jendela. 

1. Jendela Kamar Mandi

Kebanyakan kamar mandi memang tidak akan dilengkapi dengan jendela karena alasan privasi. Agar kamar mandi tidak terlalu lembab, maka dapat menambahkan jendela yang berukuran mini pada bagian atas supaya tetap bisa memberikan privasi dan memberikan kesan yang lapang. 

Ukuran jendela kamar mandi yang paling standar untuk Anda aplikasikan yaitu 50 cm x 40 cm atau sesuaikan luas kamar mandi di rumah.

2. Jendela Ruang Tamu 

Pada ruang tamu idealnya akan mempunyai ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ruangan lainnya. Hal ini karena memang jendela ruang tamu berada di bagian depan dari rumah agar membantu memberikan akses sinar matahari dan udara. 

Hal tersebut agar hunian Anda tidak terasa sumpek dan pastinya akan terlihat jauh lebih cerah dan juga luas. Ukuran standar pada jendela ruang tamu yang nantinya dapat Anda aplikasikan adalah 80 cm x 100 cm atau bisa juga Anda sesuaikan berdasarkan luas dari ruangan. 

3. Jendela Dapur 

Walaupun umumnya pada dapur modern akan dilengkapi dengan berbagai peralatan yang sudah canggih agar bisa menghisap asap saat proses memasak. Namun, jendela yang memadai tetap dibutuhkan supaya area tersebut tidak memiliki kesan yang sumpek. 

Jika Anda memiliki rencana untuk memasang jendela pada area di dapur Anda, maka bisa memakai ukuran jendela yang standar seperti 70 cm x 50 cm atau jendela ukuran 50 x 50 bisa juga disesuaikan standar luas dinding yang ada di dalam area tersebut. 

4. Jendela Kamar Tidur

Kamar tidur memang idealnya harus dilengkapi dengan jendela yang memadai supaya dapat memperoleh aliran udara yang segar dan bisa membuat area istirahat Anda tetap terasa nyaman karena bisa terhindar dari ruangan yang lembab. Anda dapat mengaplikasikan dengan ukuran yaitu 40 cm x 90 cm, 50 cm x 100 cm atau bisa juga menyesuaikan dengan ukuran kamar tidur di rumah Anda. 

5. Jendela Besar Rumah

Ada banyak sekali material untuk jendela yang bisa digunakan untuk rumah Anda di pasaran. Jika Anda ingin menambahkan efek yang lebih dekoratif dan juga privat, Anda juga bisa memakai kaca es atau frosted glass. 

Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat memiliki desain jendela yang tepat menggunakan jasa desain interior di Voyerdesign.com seperti pada jendela folding yang akan efektif memberikan akses cahaya ke dalam rumah. Menggunakan jendela sliding dengan ukuran tepat bisa memberikan kesan yang stylish. Jendela single atau double hug nantinya dapat memberikan kesan lebih klasik. 

Itulah referensi ukuran jendela paling standar yang dapat Anda aplikasikan pada rumah baru Anda. Renovasi rumah maupun hanya sekedar melakukan pergantian jendela yang sudah lama. Jendela rumah Anda akan memiliki kesan yang lebih rapi dan memberikan fungsinya dengan baik.