fbpx

Jenis-Jenis Triplek, Kelebihan Dan Kekurangannya

Ada beberapa jenis triplek yang ada di pasaran dan Anda mungkin sudah pernah melihat atau bahkan menggunakannya. Ternyata, triplek yang berwujud kayu lapis dengan ketebalan tertentu juga dibedakan lagi sesuai bahan, ketebalan, dan manfaatnya.

Anda yang awam di bidang material bangunan khususnya triplek tidak ada salahnya untuk mengenalnya secara umum saja. Siapa tahu di kemudian hari nanti Anda membutuhkannya salah satu atau jenis tripleknya sesuai kebutuhan sendiri. Dengan begitu, Anda dapat segera menemukan dan membelinya secara offline atau online.

Mengenal Jenis Triplek Di Pasaran

Ada beberapa jenis kayu lapis atau biasa disebut triplek di pasaran. Anda sekalian yang belum mengenal atau mengetahuinya silahkan membaca uraian berikut.

1. Triplek Low Density Fiberboard (LDR)

Triplek yang satu ini terbuat dari bahan serbuk kayu atau sisa hasil gergajian kayu. Sebagian orang menyebutnya partikel board yang harganya di pasaran cukup terjangkau. Namun demikian, tripleknya tidak begitu kuat karena sifatnya yang ringan dan lunak.

2. Triplek Medium Density Fiberboard (MDF)

Triplek ini terbuat dari bahan serat kayu dengan menggabungkannya yang lunak dan keras. Selanjutnya, dua serat kayu tersebut dijadikan satu dan diberi tekanan serta temperatur tinggi. Dengan begitu, hasilnya sebuah papan kayu MDF yang biasanya dimanfaatkan untuk pembuatan kabinet lemari atau kerajinan tangan.

3. Multiplek

Kayu multipleks ini terbuat dari susunan kulit kayu. Jadi, banyak kulit kayu dijadikan satu dan direkatkan sehingga berlapis-lapis. Setelah itu, semua lapisan kulit kayu tersebut ditekan dengan mesin bertekanan tinggi, sehingga menjadi sebuah triplek yang bernama multiplek.

Teakblock

Triplek berbahan dasar kayu jati, tetapi bukan yang kayu jati solid. Jadi, beberapa lembaran atau lapisan kayu jati ditekan dengan mesin bertekanan tinggi. Dengan begitu, jadilah jenis triplek yang bernama Teakblock. Dikarenakan berbahan kayu jati, maka lebih kuat dan tahan lama.

Blockboard

Triplek yang berbahan tiga lapisan kayu dari serat berbeda-beda, lalu ditekan dengan mesin bertekanan tinggi sehingga menjadi satu. 

Kelebihan Triplek

Ada beberapa kelebihan triplek, antara lain sebagai berikut.

  • Mudah dan cepat digunakan.
  • Harganya relatif terjangkau banyak orang.
  • Banyak dijual di berbagai toko material bangunan
  • Bermanfaat untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.
  • Memiliki ketebalan berbeda disesuaikan dengan kebutuhan tertentu.

Kekurangan Triplek

Selain kelebihan, triplek juga mempunyai beberapa kelemahan sebagai berikut.

  • Sebagian besar triplek tidak kedap air, sehingga tidak cocok untuk bagian luar ruangan (outdoor).
  • Triplek tidak sekuat kayu solid karena hanya lapisan kulit kayu atau sejenisnya saja.
  • Tidak bisa dipahat menjadi kerajinan tangan seperti patung karena tidak begitu tebal.
  • Bentuknya berupa lembaran dengan luas tertentu menjadikannya mudah rusak atau pecah terutama saat diberi beban terlalu berat.
  • tidak anti rayap sehingga masih harus dilapisi dengan cat khusus dulu.

Sekarang, Anda sekalian sudah mengenal beberapa jenis triplek beserta kelebihan dan kekurangannya. Untuk mengenal triplek dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, silahkan mengkonsultasikannya dengan Voyerdesign.com sebagai jasa interior desain terbaik.