fbpx

Kenali 5 Jenis Finishing Kayu Untuk Memperkuat Furniture

Penggunaan finishing kayu tidak hanya untuk merubah tampilan, tapi memberi kekuatan struktur juga. Jika ingin tahu bahan finishing yang populer untuk memperkuat furniture, baca dulu bahasan berikut ini!

Melamik

Bahan pelapis ini sangat populer digunakan untuk furniture yang ingin menampilkan tekstur kayu alami. Pelapis ini menutup pori – pori permukaan kayu secara sempurna dan memberikan efek proteksi. Selain menjaga kondisi kayu lebih kuat, tampilan natural kayu juga lebih mudah dilihat berkat pelapis ini.

Hal negatif dari bahan pelapis melamik hanya terletak pada aromanya. Aroma menyengat pada pelapis ini dapat menempel lama pada perabotan. Jadi, jika menggunakan perabot ini, sangat dianjurkan memiliki sirkulasi udara yang lancar di ruangan.

Natural Wax

Alternatif pelapis transparan kayu lainnya adalah natural wax. Bahan pelapis berupa cairan kental ini dapat mempertahankan tampilan kayu lebih baik daripada bahan lain. Prosesnya yang harus diaplikasikan secara layer tipis perlahan memang memakan waktu, tapi hasilnya jauh lebih menarik. Cairan yang terserap pada bahan kayu akan menjaga kekuatannya juga.

Sisi negatifnya hanya terletak pada kualitas finishing-nya. Jika diaplikasikan secara sembarangan, perabot tidak akan terasa halus. Pori – pori juga akan muncul karena aplikasi yang tidak rata. Jadi, Anda harus lebih hati – hati menggunakan bahan ini.

Veneer

Untuk bahan finishing kayu glossy, silahkan mencoba bahan veneer. Bahan ini sudah terkenal sebagai bahan pelapis perabot yang umum digunakan. Hasil akhir veneer membuat kilauan tersendiri yang tidak dapat ditemukan dalam bahan pelapis lainnya.

Penggunaan veneer juga tidak boros. Hanya perlu sedikit finishing kayu dan pemerataan yang baik saja untuk hasil tampilan yang cantik dan maksimal. Namun, karena melapisi secara tipis, Anda harus hati – hati tidak merusak lapisannya dengan goresan setelah selesai diaplikasikan.

Cat Duco

Anda akan temukan macam macam finishing kayu yang memiliki efek mengubah warna natural kayu. Salah satu pelapis tipe ini yang populer adalah cat Duco. Penggunaan cat ini sering digunakan untuk mengubah tampilan kayu yang jelek menjadi perabotan yang cantik.

Selain itu, cat Duco memiliki kemampuan perkuat kekuatan kayu karena bersifat melekat kencang. Bagi Anda yang ingin banyak variasi warna pada perabot kayu, sangat disarankan pakai pelapis ini.

HPL

HPL adalah pelapis kayu yang memang ditujukan memberi kekuatan lebih pada material aslinya. Menggunakan HPL, kayu lebih tahan gores, tidak mudah tergerus karena gesekan dan bahkan lebih kokoh.

Banyak orang mengenal finishing kayu HPL karena sering digunakan pada lantai kayu, pintu dan perabotan outdoor yang butuh perlindungan lebih kuat. Karena berupa pelapis solid, pemasangannya juga lebih praktis dan cepat.

Memilih furniture dan finishing kayu yang tepat akan memiliki efek besar pada desain interior Anda. Jika Anda kesulitan memilih tampilan furniture dan kombinasi desain interior, silahkan hubungi Voyer Design. Perusahaan ini sudah ahli menyediakan bantuan desain bangunan baik interior dan eksterior. Anda yang ingin hasilkan ruangan idaman tidak akan salah menghubungi perusahaan ini.