fbpx

Kenali Plafon Gypsum, Kelebihan Dan Kekurangannya

Plafon merupakan salah satu bagian penting dari sebuah bangunan karena memiliki fungsi untuk mencegah cuaca dingin maupun panas langsung masuk ke dalam rumah. Ada banyak bahan yang digunakan untuk membuat plafon, salah satunya adalah gypsum. Pada kesempatan kali ini, Kami akan ajak Anda untuk mengenal apa saja kelebihan dan kekurangan dari  plafon gypsum.

Manfaat Gypsum

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan, Kita akan bahas dulu tentang apa saja manfaat gypsum dalam kegiatan pembangunan.

Umumnya, gypsum banyak dipakai dalam 6 kegiatan yaitu untuk membuat plafon yang estetik, dipakai sebagai sekat untuk dinding rumah, digunakan sebagai ornamen untuk dinding, dipakai untuk membuat lapangan tenis, dibuat sebagai perekat sampai digunakan sebagai bahan untuk membuat semen.

Apa Saja Kelebihan Gypsum?

1. Memiliki Berbagai Macam Variasi

Setelah manfaat, tiba saatnya untuk membahas apa saja kelebihan gypsum. Kelebihan gypsum yang pertama adalah memiliki banyak sekali variasi. Contohnya adalah plafon gypsum minimalis

Variasi dari model plafon gypsum  ini akan mempermudah Anda untuk memilih gypsum yang cocok dengan kebutuhan.

2. Membuat Bangunan Terlihat Lebih Estetik

Memakai gypsum bisa membuat sebuah bangunan terlihat lebih estetik. Inilah sebabnya, kebanyakan rumah modern saat ini memakai plafon yang terbuat dari gypsum.

Plafon yang terbuat dari gypsum akan membuat rumah yang menggunakannya terlihat lebih rapi,,mulus,rata dan tidak terlihat adanya sambungan sama sekali.

3. Mudah Untuk Diperbaiki

Kelebihan lain dari bahan gypsum adalah tidak perlu dibongkar jika terjadi kerusakan sehingga lebih mudah untuk diperbaiki.

4. Proses Pemasangannya Tidak Lama

Bagi Anda yang tengah dikejar waktu untuk membangun hunian, plafon gypsum sangat cocok digunakan. Sebab proses pemasangannya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Apa Saja Kekurangan Gypsum?

1. Tidak Tahan Air

Meskipun memiliki berbagai kelebihan tidak berarti gypsum lepas dari kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah tidak tahan terhadap air.

Perlu diketahui, rembesan air dapat meninggalkan noda pada permukaan gypsum. Tetapi bisa juga membuatnya roboh jika sudah banyak dan membuat plafon rusak.

2. Tinggi Kemungkinan Roboh Jika Tidak Dipasang Dengan Benar

Pada dasarnya, proses pemasangan yang tidak benar pada plafon akan membuatnya mudah goyah.

Namun untuk plafon yang terbuat dari gypsum akan memerlukan bubuk gypsum yang akan berfungsi sebagai lem sehingga tidak mudah goyang ketika telah dipasang nanti.

3. Rentan Terhadap Benturan

Kekurangan lain dari gypsum adalah rentan terhadap benturan. Hal ini karena gypsum memiliki struktur yang rapuh.

Karena itulah plafon yang terbuat dari gypsum perlu dijaga baik-baik terutama jika Anda akan membersihkan bagian langit-langit,

Itulah informasi tentang plafon gypsum seperti kelebihan dan kekurangannya untuk Anda yang berminat untuk menggunakan gypsum. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda nantinya.