fbpx

Ketahui Konstruksi Bangunan Yang Wajib Ada Dalam Rumah

Membangun rumah bukanlah hal yang mudah, bisa dimulai dengan membuat konstruksi bangunan terlebih dahulu. Karena konstruksi bisa diibaratkan sebagai tubuh utama dari sebuah bangunan. 

Konstruksi bangunan ini akan menentukan bagaimana kekuatan rumah, desain rumah, bahkan sampai dengan desain rumah. Karena itu, pertimbangan awal mengenai konstruksi rumah sangatlah penting. 

5 Konstruksi Bangunan Yang Penting Untuk Diperhatikan 

Konstruksi rumah adalah bagian yang menyusun bangunan, bagian ini memiliki sifat, material, dan tujuan serta fungsinya sendiri pada bangunan. Konstruksi bangunan ini dibagi menjadi berbagai bagian yang penting. 

Berikut adalah 5 konstruksi bangunan rumah yang bisa dibilang paling penting. Bagian ini harus diperhatikan dengan seksama ketika membangun sebuah rumah. 

1. Pondasi Dasar Rumah 

Pondasi bisa dibilang merupakan bagian yang paling penting dari pembangunan rumah. Karena merupakan konstruksi paling dasar yang menentukan segalanya tentang rumah. Fungsi utamanya adalah menopang setiap sudut dan keseluruhan dari bangunan. 

Ada banyak jenis pondasi yang bisa digunakan dalam dunia konstruksi. Mulai dari cakar ayam, sumuran, bahkan ada model pondasi tiang pancang. Hal yang paling penting adalah menyesuaikan jenis pondasi dengan modal bangunan rumah yang diinginkan. 

2. Ventilasi Untuk Jalan Udara 

Jendela dan jalur ventilasi seringkali dianggap sebagai pelengkap bukan sekedar tambahan untuk hiasan saja. Padahal, adanya ventilasi adalah aspek yang sangat vital pada konstruksi sebuah bangunan rumah. 

Sistem ventilasi pada bangunan tidak selalu diwujudkan dengan menambah jendela. Hal-hal yang termasuk dalam ventilasi selain jendela adalah lubang dinding, pintu, dan juga jalur angin. 

3. Atap Untuk Perlindungan

 

Atap adalah konstruksi paling atas yang berfungsi untuk melindungi bangunan. Terutama, dari cuaca maupun gangguan dari luar. Dengan konstruksi atap yang baik, maka keamanan dan keleluasaan penghuni di dalam rumah akan meningkat. 

Dalam memasang konstruksi atap, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari bentuk dan desain yang harus menyesuaikan dengan model rumah. Sampai dengan estetikanya agar terlebih lebih cantik. 

4. Kuda-Kuda Atap 

Kuda-kuda merupakan bagian konstruksi atap yang sangat khusus. Fungsi utamanya adalah agar bangunan atap lebih kokoh ketika dipasang dan digunakan. Bagian ini bisa berupa usuk, genting, sampai dengan reng. 

Untuk kuda-kuda ini biasanya bisa dibuat dari berbagai bahan. Mulai dari kayu sampai dengan baja ringan. Sesuai dengan kebutuhan pemasangan atap. 

5. Balok Beton 

Balok beton merupakan terusan dari pondasi untuk meneruskan beban dari bangunan. Dengan begitu, konstruksi bisa menjadi semakin kokoh dan bertahan. Balok beton ini juga berguna untuk memasang dinding dan berbagai keperluan pembangunan lain. 

Rumah Aman Dan Cantik Dengan Voyer Design 

Tidak hanya aman dengan memperhatikan 5 konstruksi bangunan di atas. Sebuah rumah perlu tampil estetik. Voyer Design bisa menjadi partner untuk mewujudkannya. Untuk informasi lebih lanjut bisa diakses di website resminya yaitu voyerdesign.com.