fbpx

Macam-Macam Model Atau Konsep Dapur Yang Bisa Menjadi Inspirasi

Dapur bagi sebagian orang merupakan salah satu tempat yang paling nyaman karena bisa digunakan untuk mengekspresikan diri baik dalam hal mendesain dapur itu sendiri atau bisa juga dalam menciptakan berbagai masakan untuk keluarga. Oleh karena itu, dengan menciptakan design interior dapur itu sendiri maka bisa membuat kegiatan dapur menjadi lebih asyik dan menyenangkan.

Anda bisan mengekspresikan dapur Anda menjadi dapur yang sangat pas yaitu dengan menentukan konsep yang tepat. Banyak sekali konsep yang bisa Anda pilih untuk menciptakan dapur yang nyaman. Untuk itu, di sini akan dijelaskan mengenai beberapa konsep dapur yang cantik dan nyaman. Berikut beberapa konsep yang bisa Anda gunakan :

Model Dapur Minimalis

Yang pertama adalah model dapur minimalis, model yang satu ini sangat banyak digunakan menjadi model dapur yang modern. Konsep yang satu ini banyak digunakan sebab konsepnya membuat dapur terlihat menjadi lebih bersih dan lebih sederhana. Model yang satu ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang suka dengan konsep yang modern tapi tidak memerlukan bugdet yang besar.

Model minimalis ini juga sangat pas untuk rumah yang memiliki ukuran kecil sampai besar.  Jika digunakan untuk rumah yang kecil maka tidak perlu banyak furnitur yang digunakan sehingga memberi kesan yang lebih luas. Tetapi jika Anda menggunakannya untuk rumah dengan ukuran luas maka akan membuat rumah menjadi lebih bersih dan lebih rapi.

Model Dapur Vintage

Konsep interior design kitchen selanjutnya yang sering kali digunakan juga adalah model dapur vintage atau klasik. Model vintage ini biasanya menggunakan furnitur-furnitur yang lebih cenderung ke furnitur zaman dahulu dan lebih memiliki warna yang lembut yang mana biasanya menggunakan warna pastel, warna kayu yang sederhana dan lain-lain.

Mungkin bagi sebagian orang konsep yang satu ini memiliki tampilan yang kuno atau terlihat lebih lusuh dibandingkan dengan model dapur yang lain. Tapi, sebenarnya apabila dilihat lagi apalagi dengan perpaduan warna yang sangat unik, dapur ini terlihat sangat nyaman dan hangat.

Model Dapur Retro

Konsep yang selanjutnya adalah model dapur retro. Model yang satu ini merupakan model yang sangat populer pada era 1930-an sampai sekitar tahun 1970-an. Memang jika dilihat dari tahunnya memang merupakan konsep yang klasik akan tetapi bukan klasik yang lembut akan tetapi lebih ke berani dan lebih atraktif.

Penggunaan warnanya sangat berani bahkan bertabrakan, warna-warna yang digunakan biasanya warna  blok seperti merah, kuning, oranye, dan lain sebagainya. Penggunaan furniturnya pun juga cukup unik dengan memadukan beberapa tokoh kartun atau gambar yang lain sehingga terlihat sangat keren. Namun, warna yang berani dan mencolok ini bisa Anda padukan juga dengan warna soft.

Model Dapur Tradisional

Selanjutnya, adalah model dapur  tradisional yang mana memiliki tampilan yang mengarah ke berbagai furnitur tradisional seperti kayu. Penggunaan material kayu bahkan bisa digunakan sampai 90%. Kayu yang digunakan bisa menggunakan kayu solis atau juga bisa menggunakan kayu sintetis. Namun, paling banyak memang menggunakan kayu solid yang bisa membuat dapur terlihat berani dan menonjolkan sisi tradisionalnya lebih banyak.

Walaupun konsepnya menggunakan konsep modern namun dengan menggunakan aksen kayu solid bisa membuat dapur tetap memiliki suasana yang sangat nyaman seperti dapur tradisional pada umumnya. Dapur tradisional seperti ini bisa menimbulkan suasana yang hangat sebab sebagian besar furniturnya menggunakan kayu.

Model Dapur Industrialis

Berikutnya adalah model dapur industrialis yang mana menggunakan konsep Industrial yang sangat unik dan sangat maskulin. Konsep yang satu ini sangat khas dengan berbagai material besi dan perpaduan dengan material kayu layaknya seperti area industri. Tidak hanya itu saja, penggunaan dinding ekspos dan juga lantai yang biasanya dibuat dengan menggunakan semen juga menjadi salah satu ciri khas pada dapur dengan model yang satu ini.

Biasanya dapur dengan model Industrial ini menggunakan elemen seperti lampu dengan ukuran yang lumayan besar yang mana digantungkan di atas meja makan atau kitchen island. Lampu ini menjadi elemen dekorasi utama yang banyak terdapat pada berbagai dapur dengan model Industrial ini.

Model Dapur Skandinavia

Model dapur yang bisa menjadi inspirasi selanjutnya adalah model dapur skandinavia yang mana sangat khas dengan dapur yang bersih, ramah lingkungan, dan juga terang. Perabotan yang digunakan tidak terlalu banyak serta pencahayaan yang pas dan sesuai membuat tampilan dapur ini menjadi lebih terang dan sangat bersih.

Biasanya pada dapur dengan model seperti ini menggunakan jendela yang cukup besar untuk pencahayaannya, namun juga tidak menutup kemungkinan menggunakan pencahayaan yang lain yang terang. Penggunaan konsep ini juga disertai dengan menempatkan beberapa pot bunga atau tanaman yang lainnya sehingga terlihat lebih asri dan juga terlihat lebih ramah terhadap lingkungan.

Model Dapur Shabby Chic

Konsep kitchen interior design yang satu ini memang terkenal sebagai konsep desain interior kamar, akan tetapi juga sangat cantik apabila digunakan untuk konsep dapur. Model dapur yang seperti ini sangat identik dengan perempuan atau memiliki konsep yang terlihat sangat feminin. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan furnitur yang sangat cantik dengan dipadukan warna-warna yang imut dan lucu seperti warna merah muda, hijau tosca, ungu, dan warna yang lainnya.

Pencahayaan yang digunakan kebanyakan dari lampu yang tidak begitu terang, penggunaan lampunya biasanya yang warna kuning atau warm white yang kalem dan terasa lebih sederhana namun sangat terasa lembut.

Model Dapur Kontemporer

Dan konsep terakhir yang akan kita bahas selanjutnya adalah model dapur kontemporer. Model ini sangat disesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. model yang satu ini identik dengan penggunaan kabinet, meja dapur, atau kitchen islan. Penataan peralatan masak seperti wajan, panci, talenan, dan lainnya biasanya terlihat lebih rapi dan terstruktur.

Penempatan furnitur ini juga terlihat sangat rapi dan juga sederhana. Penggunaan material stainless steel dan granit juga menjadi salah satu ciri khasnya. Penggunaan konsep yang satu ini biasanya juga identik dengan pencahayaan lampu dari beberapa sudut ruangan, mulai dari bawah kabinet atau di sela-sela plafon sehingga terlihat sangat modern dan sangat keren.

Kesimpulan Dan Penutup

Setelah mengetahui beberapa interior design kitchen set maka Anda jadi bisa menentukan bagaimana desain yang akan Anda buat untuk mewujudkan dapur impian Anda. Berbagai inspirasi dapur memang sangat penting untuk memberikan kenyamanan dan juga digunakan untuk mengekspresikan diri dalam bentuk dapur.

Semoga informasi di atas bisa berguna bagi kita semua apalagi Anda yang saat ini pasti sedang mencari berbagai inspirasi untuk desain dapur. Jangan sampai salah pilih konsep karena desain dapur tersebut berlaku dalam jangka waktu yang lama. 

No Comments
Leave a Reply