fbpx

Mengenal Apa Itu Kayu Multipleks Beserta Kelebihannya 

Apakah yang dimaksud dengan kayu multiplek? Secara umum, kayu multiplek adalah salah satu jenis papan kayu yang sering digunakan untuk pembuatan furnitur maupun untuk konstruksi bangunan. Ya, jenis kayu ini memang difavoritkan oleh para desainer maupun pekerja konstruksi karena beberapa kelebihan yang dimiliki. Salah satunya adalah kayu multiplek cukup kuat dan tahan lama.

Perlu diketahui jika, berbeda dari jenis kayu untuk bangunan lainnya, kayu multiplek atau plywood merupakan jenis bahan baku yang tipis. Kegunaannya hampir menyerupai triplek, namun kemampuannya hampir seimbang dengan kayu asli yang tebal. Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan jenis kayu yang satu ini? Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang papan multiplek.

Proses Produksi Multiplek

Tentu, berbeda dengan kayu lainnya yang berukuran tebal, papan kayu multiplek memerlukan proses pengolahan khusus. Papan kayu ini tersusun dari beberapa lembaran papan kayu yang berukuran lebih tipis. Proses penyusunannya dilakukan dengan perekatan tekanan tinggi. Sebelumnya, batang kayu sebagai material utama dilunakkan dan diiris tipis-tipis terlebih dahulu.

Agar perekatannya semakin kuat, partikel-partikel kayu diikutsertakan pada prosesnya. Selain itu, lem khusus juga digunakan dengan menggunakan tekanan yang tinggi pula. Dengan proses yang cukup kompleks seperti di atas, tidak heran jika multiplek cenderung lebih kuat dengan kualitas yang tinggi pula.

Kelebihan Multiplek

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa para ahli bangunan dan semacamnya sangat menyukai papan kayu yang satu ini. Ya, multiplek memang memiliki berbagai keunggulan yang diantaranya tidak ditemukan dari papan kayu lainnya. Keunggulan-keunggulan papan multiplek adalah sebagai berikut.

Keunggulan atau kelebihan yang pertama tentu terkait dengan kekuatannya. Karena tersusun dari beberapa lapisan kayu dengan proses perekatan yang berkualitas, maka tidak heran jika multiplek sangat kuat dalam melakukan penopangan. Selain itu, kayu ini juga sangat stabil sehingga menghindarkan resiko bangunan mudah roboh dan sebagainya.

Yang kedua, kayu multiplek juga terhitung tahan lama serta tidak mudah keropos, rusakk, dan patah karena cuaca, air, api, bahkan bahan kimia.

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan papan kayu ini sebagai insulator karena memiliki sifat kedap suara. Dan yang terakhir, tampilan multiplek plywood cenderung estetis sehingga dapat memperindah bangunan tanpa perlu melapisinya dengan bahan lainnya.

Macam-Macam Multiplek

Menariknya lagi, ada beberapa macam papan kayu multiplek yang ada di pasaran dilihat dari tingkat kekuatannya. Lalu apa sajakah jenisnya?

Yang pertama, ada multiplek jenis soft wood atau multiplek kayu lunak. Biasanya, jenis ini digunakan untuk membuat furnitur interior seperti lemari, kabinet, furnitur dapur, atau lantai kayu. Selain itu, material penyusun plafon rumah juga menggunakan kayu jenis ini.

Berikutnya, ada jenis hard wood dengan ukuran yang lebih besar dan tebal. Teksturnya juga lebih keras karena diproduksi dari batang kayu ukuran besar. Kayu multiplek jenis ini cocok sebagai bahan konstruksi bangunan.

Yang terakhir, ada jenis tropical plywood yang terbuat dari beberapa jenis pohon khas daerah tropis. Dalam hal kekuatan dan ketahanan, multiplek jenis ini di atas jenis soft wood namun masih di bawah hard wood.Apakah Anda tertarik menggunakan multiplek untuk bangunan Anda? Pastikan untuk berkonsultasi pada ahlinya di Voyerdesign.com untuk hasil terbaik.