fbpx

Tips dan Trik Mendesain Dapur Agar Menarik dan Nyaman untuk Digunakan

Dapur adalah salah satu tempat yang hampir di setiap rumah selalu ada. Dapur menjadi tempat yang sesuai untuk memasak apalagi bagi ibu rumah tangga yang selalu memasak untuk keluarganya, dapur seakan akan menjadi tempat yang paling nyaman untuk menuangkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap keluarga.

Namun, untuk menciptakan dapur yang nyaman tentu saja harus didesain secantik dan senyaman mungkin sehingga yang menggunakannya pun menjadi lebih betah. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai tips mendesain dapur Anda sehingga menjadi interior design kitchen yang menarik dan nyaman. Berikut penjelasannya secara lengkap :

Perhatikan Fungsi Dapur Yang Akan Anda Dekorasi

Yang pertama harus diperhatikan adalah fungsi dari dapur yang ingin Anda desain tersebut.  Anda harus menentukan dapur yang akan Anda dekorasi ini nantinya memang digunakan untuk selayaknya dapur pada umumnya yaitu untuk  memasak atau hanya digunakan sebagai dapur untuk beberapa kegiatan tertentu saja atau biasa kita sebut dengan dapur bersih.

Jika Anda sudah bisa menentukan fungsi yang tepat maka Anda pun akan lebih mudah menentukan beberapa hal selanjutnya. Misalnya, apabila Anda menentukan fungsinya sebagai dapur pada umumnya maka harus diperhatikan mulai dari fungsionalnya dan juga estetikanya.  Namun jika Anda hanya membuat dapur bersih maka fungsionalnya bisa di nomor dua-kan dulu.

Tentukan Konsep Yang Tepat Untuk Membuat Dapur Anda

Setelah Anda menentukan fungsi dapur yang akan Anda buat maka selanjut ya adalah menentukan konsep yang tepat untuk kitchen interior design. Anda bisa menentukan konsep yang tepat untuk dapur Anda. Bisa dengan berkonsultasi dengan desainer interior dapur atau juga bisa dengan mencari beberapa inspirasi dari beberapa sumber seperti internet. Dengan internet mala Anda akan menemukan banyak sekali inspirasi dekorasi dapur.

Bisa pilih salah satu inspirasi dapur yang akan didesain, bisa juga dengan menggabungkan beberapa inspirasi yang Anda temukan di internet tersebut. Apabila masih kurang,  Anda pun juga bisa menggabungkan beberapa inspirasi tersebut lalu bisa dikonsultasikan kembali dengan desainer interior dapur. Ada banyak inspirasi desain interior Anda misalnya adalah konsep dapur minimalis.

Perhatikan Penataan Peralatan Dapur Anda

Setelah menentukan fungsi dan juga konsep yang tepat maka selanjutnya memperhatikan penataan peralatan dapur. Perhatikan peralatan dapur yang ada di rumah Anda apakah banyak atau sedikit. Jika banyak maka lebih baik penataan interior design kitchen set dilakukan di dalam lemari atau menggunakan sistem penataan di dalam. Namun jika peralatan Anda sedikit maka bisa dilakukan di luar sehingga Anda tidak perlu menggunakan banyak lemari.

Perhatikan juga peralatan yang Anda miliki. Jika peralatan masak Anda memiliki desain yang cantik maka bisa Anda tata di bagian luar sehingga menambah estetika ruangan dapur. Namun, jika tidak maka bisa Anda tata di dalam saja.

Pilih Furnitur Yang Sesuai Dengan Konsep Yang Telah Anda Tentukan

Selain beberapa hal di atas, selanjutnya adalah menentukan furnitur yang tepat sesuai dengan konsep yang telah Anda tentukan. Misalnya, apabila Anda telah menentukan konsep yang minimalis maka Anda bisa memilih furnitur yang tidak memiliki banyak motif serta multifungsi sehingga bisa digunakan untuk meletakkan berbagai peralatan yang banyak tanpa menimbulkan kesan yang berantakan.

Anda bisa membeli furnitur yang langsung jadi atau juga bisa dengan custom furnitur. Jika Anda memilih membeli jadi keuntungannya cepat bisa digunakan namun desainnya mungkin ada yang kurang sesuai. Jika custom maka Anda bisa menyesuaikan dengan keadaan dapur namun jadinya memerlukan waktu.

Perhatikan Warna Yang Tepat Untuk Dapur

Warna dapur juga harus sangat diperhatikan untuk menciptakan suasana yang nyaman. Anda bisa memilih warna yang sesuai dengan warna kesukaan Anda atau bisa dengan memadukan beberapa warna yang memang bisa dipadukan. Pilih warna yang cerah untuk menciptakan desain dapur yang terang, pilih warna yang gelap untuk menciptakan dapur yang terkesan dingin dan maskulin, dan lain sebagainya.

Sebenarnya,  tidak hanya warna saja yang harus diperhatikan akan tetapi cat warna yang digunakan pun sebaiknya yang berkualitas. Pilihlah cat yang tahan terhadap kotoran dan juga minyak sehingga tidak akan rusak ketika terkena cipratan minyak dan mudah dibersihkan lagi setelahnya.

Perhatikan Sirkulasi Udara Yang Nyaman Untuk Dapur

Dalam penggunaan dapur sebagai area memasak memang harus sangat diperhatikan mengenai sirkulasi udaranya. Dapur harus memiliki sistem sirkulasi yang tidak terlalu besar akan tetapi juga tidak boleh terlalu kecil. Sirkulasi udara sangat penting untuk pergantian udara dari dalam ke luar atau dari luar ke dalam sehingga kualitas udara menjadi berkualitas.

Hal ini juga sangat berguna bagi rumah sebab sering kali saat memasak bau bumbu akan berputar di dalam ruangan sehingga menimbulkan bau yang kurang sedap di rumah. Sehingga, sirkulasi udara ini jaga sangat penting untuk mengurangi bau dari dapur. Tidak hanya itu, bagi Anda yang menggunakan gas untuk memasak biasanya juga akan tercium bau gas baik karena kebocoran atau yang lainnya yang jika dibiarkan  si tempat tertutup akan sangat berbahaya.

Pilih Pencahayaan Yang Tepat Untuk Dapur Anda

Dan yang terakhir adalah masalah pencahayaan. Pencahayaan sangat penting untuk menciptakan kenyamanan saat memasak. Anda bisa menggunakan pencahayaan dari luar dan juga pencahayaan dari lampu. Pencahayaan dari luar bisa digunakan saat siang hari sehingga bisa menghemat penggunaan listrik sedangkan lampu bisa digunakan untuk malam hari.

Anda juga bisa memadu padankan lampu dengan beberapa furnitur serta konsep dari dapur modern saat ini. Seperti yang telah kita tahu sebelumnya bahwa saat ini banyak sekali jenis lampu dapur yang bisa menambah estetika dapur.

Kesimpulan Dan Penutup

Dari beberapa penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa dalam mendesain atau mendekorasi dapur memerlukan beberapa perhitungan yang penting. Dari mulai menentukan fungsi dapur untuk yang pertama kalinya, mengetahui konsep yang tepat, penataan peralatan yang sesuai, pemilihan furnitur yang sesuai dengan konsep, warna yang tepat, sirkulasi udara yang nyaman sera pencahayaan yang tepat.

Setelah itu, Anda bisa langsung mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan lalu mulai memasangnya.  Anda bisa memilih furnitur, peralatan, cat tembok, lampu dan juga konstruksi yang tepat agar bisa menghasilkan desain dapur yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan menggunakan tips dan trik di atas maka Anda akan lebih mudah mendesain dapur yang sesuai dengan impian Anda.

Semoga dari beberapa penjelasan di atas bisa dengan mudah dipahami serta menjadi ilmu yang berguna bagi kita semua terutama bagi Anda yang sedang melakukan desain interior dapur. Mari wujudkan dapur impian Anda dan buat kegiatan memasak menjadi lebih berarti dan lebih menyenangkan.

No Comments
Leave a Reply