fbpx

Cari Tahu Fungsi Dari Penggunaan Plafon GRC

Tahukah Anda bahwa plafon dalam sebuah hunian tidak hanya berfungsi sebagai pembatas atap dengan ruangan di bawahnya? Penggunaan plafon GRC nyatanya juga menambah estetika sebuah hunian dan membuat bagian atas ruangan terlihat lebih rapi. 

Bicara soal plafon berbahan GRC, material yang satu ini terbuat dari bahan dasar yang mirip dengan beton, yakni campuran serat dan semen. Hanya saja, plafon jenis ini jauh lebih ringan dari beton karena tidak terdapat tulang baja. Lantas, apa saja kegunaan dari plafon GRC minimalis? Yuk, ikuti pembahasannya lewat artikel berikut.

Plafon Berbahan GRC Untuk Langit-Langit Ruang Basah Pada Rumah

Salah satu keunggulan plafon berbahan GRC adalah cenderung tahan air, sehingga cocok untuk dipasang sebagai langit-langit pada ruangan basah. Selain itu, plafon jenis ini juga cocok digunakan pada ruangan dengan tingkat kelembapan yang tinggi karena tidak mudah berjamur.

Bahkan, plafon yang terbuat dari bahan GRC juga direkomendasikan untuk ruangan yang benar-benar basah seperti kamar mandi. Tak hanya pada bagian dalam ruangan, plafon ini juga bisa diaplikasikan pada bagian teras maupun ruangan outdoor yang berisiko terkena cipratan air hujan.

Meningkatkan Nilai Estetika Dengan Membuat Plafon Bermotif

Jika Anda mencari plafon yang mudah dibentuk sesuai dengan kebutuhan, maka plafon berbahan GRC adalah pilihan terbaik. Tidak seperti plafon yang terbuat dari tripleks dan kayu yang cenderung kaku, GRC plafon motif jauh lebih luwes sehingga mudah mengikuti bentuk atap.

Hal ini dikarenakan material plafon GRC yang terdapat campuran glassfiber membuatnya lebih luwes dan tidak getas. Itulah kenapa jenis plafon ini dapat dibentuk dengan leluasa, bahkan melengkung sekalipun.

Meningkatkan Keamanan Karena Bersifat Tahan Api

Selain tahan air, plafon GRC ternyata juga tahan terhadap api. Ketahanannya terhadap api bahkan lebih bagus dibanding plafon berbahan tripleks. Hal ini membuat plafon berbahan GRC tidak mudah terbakar, sehingga meningkatkan keamanan untuk penghuni rumah.

Plafon GRC Cenderung Lebih Aman Dari Segi Kesehatan

Memilih material plafon butuh pertimbangan dari berbagai aspek. Selain dari segi keindahan dan keamanannya bagi penghuni rumah, material plafon juga harus aman untuk kesehatan. Pada plafon yang terbuat dari GRC tidak memiliki kandungan asbes sedikitpun, sehingga tidak mempengaruhi kesehatan saluran pernapasan. Anda dan keluarga akan terhindar dari risiko keracunan akibat menghirup partikel asbes.

Cocok Untuk Membentuk Atap Kubah

Fungsi lain dari plafon berbahan GRC ialah dapat digunakan untuk membuat atap berbentuk kubah. Sifatnya yang tidak getas dan luwes membuatnya lebih fleksibel dalam mengikuti rangka atap maupun plafon berbentuk kubah dan melengkung.

Itulah fungsi dari plafon GRC yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya sebagai langit-langit ruangan.